Cabuli 19 Siswanya, Guru SMK Ini Diganjar 9 Tahun

FAJAR.CO.ID, LAMONGAN -- Ahmad Gunawan, 47, guru salah satu SMK di Lamongan, yang dilaporkan melakukan pelecehan terhadap siswanya akhirnya dinyatakan bersalah. Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Lamongan kemarin (12/6) menjatuhkan vonis penjara 9 tahun dan denda Rp60 juta subsider satu bulan kurungan.

Vonis majelis hakim yang diketuai, Nova Flory Bunda didampingi anggotanya M Aunur Rofiq dan Agusty Hadi Widarto, itu lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Windhu Sugiarto dan Andhika Nugraha Triputra.

Pada sidang sebelumnya, JPU menuntut Gunawan 14 tahun penjara dan denda Rp 60juta subsider dua bulan kurungan.

Dalam amar putusannya, majelis hakim memertimbangkan hal-hal yang memberatkan dan meringankan terdakwa. Hal yang memberatkan bagi Gunawan di antaranya, sebagai guru, terdakwa tidak memberi tauladan yang baik. Dia malah melakukan perbuatan cabul terhadap 19 muridnya.

Lolos ke Senayan, Kiprah Caleg Perempuan Dinanti

Perbuatan yang dilakukan terdakwa juga dinilai menyebabkan trauma, sehingga timbul penyimpangan sosial terhadap korban. Selain itu, selama persidangan terdakwa dinilai terus berkelit serta tidak menyesali perbuatannya.

Sementara hal yang meringankan,terdakwa bersikap sopan dalam persidangan.‘’Terdakwa Ahmad Gunawan telah terbukti sah dan meyakinkan bersalah melanggar pasal 82 ayat dua junctopasal 76E UU RI Nomor 35 2014 tentang perubahan atas UU RI Nomor 23 tentang perlindungan anak juncto pasal 65 ayat dua KUHP,’’ kata hakimdi ruang sidang Candra PN Lamongan.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...