Cuaca Ekstrem, Nelayan Diimbau Tidak Melaut

Kamis, 13 Juni 2019 - 20:48 WIB
ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, PALOPO — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Masamba mengimbau masyarakat mewaspadai angin kecang dan gelombang laut di perairan sekitar Pelabuhan Tanjung Ringgit Kota Palopo. Beberapa wilayah di Perairan Teluk Bone mengalami cuaca ekstrem.

Prakirawan BMKG Masamba, Lili Gusalim, mengatakan, ketinggian golombang mencapai 0.25 meter hingga 0.5 meter. ”Adapun kecempatan angin mencapai 5 knots hingga 15 knots,” kata Lili kepada FAJAR, Kamis, 13 Juni 2019.

Kemudian, daerah Tanjung Ringgit akan terjadi hujan pada malam hari. Kemudian berlanjut pada dini hari. Jarak oandang hanya 10 kilometer. Kondisi ini terjadi pada pelabuhan Tanjung Ringgit Kota Palopo.

Kadis Perikanan Kota Palopo, Ilham, mengimbau kepada para nelayan untuk berhati-hati melaut. ”Kalau kondisi cuaca yang ekstrim begini sebaiknya tidak melaut dulu,” kata Ilham.

Dia meminta supaya saat turun melaut tidak melebihi satu mil dari TPI atau pelabuhan. Artinya, jaraknya hanya dua kilometer saja dari TPI. Itu lantaran perkiraan cuaca diperidiksi angin bakal kencang dan ada gelombang. ”Imbauan ini berlaku bagi semua nelayan,” paparnya. (shd)