Mahasiswa Kehutanan Unhas Buat Papan Partikel, Perekatnya Pakai Limbah Kulit Udang

Kamis, 13 Juni 2019 10:30

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR–Tiga Mahasiswa Fakultas Kehutanan Unhas punya inovasi membuat papan partikel. Uniknya, perekat yang dipakai merupakan limbah kulit udang.Adapun tiga mahasiswa itu, Nurfahrah Yusuf, Risaldi Wajo, dan Muhammad Ryanmizard Ansari. Mereka di bawah bimbingan Dosen ibu Sahriyanti Saad, M.Si, Ph.D.

Sidang Sengketa Pilpres 2019, Hakim MK Siap Nginap di Kantor

Ketiga mahasiswa itu berasal dari Fakultas Kehutanan. Papan partikel yang menggunakan perekat berbasis formaldehida, tetapi inovasi mahasiswa ini dengan limbah kulit udang.Nurfahrah Yusuf menjelaskan, perekat yang dibuatnya bisa menjadi perekat papan partikel masa depan. Sebenarnya penelitiannya untuk program kreativitas mahasiswa (PKM) yang yang dibuat oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.”Penelitian kami lakukan pada bulan Maret hingga Juni di laboratorium pengolahan dan pemanfaatan hasil hutan fakultas kehutanan Universitas Hasanuddin,” ujar Mahasiswa Kehutahanan angkatan 2016 ini.

Ada Sinyal Kuat MK Diskualifikasi Gugatan Prabowo-Sandi

Proses Pembuatan papan partikel dimulai dengan membuat perekat dari limbah kulit udang melalui tiga tahap yaitu demineralisasi, deproteinasi, dan destilasi hingga menghasilkan kitosan yang dapat dijadikan sebagai perekat.

Bagikan berita ini:
9
1
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar