Unik, Fakultas Hukum UMI Yudisium Mahasiswa Pakai Baju Bodo

Kamis, 13 Juni 2019 - 14:11 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR–Berbeda dari biasanya, Fakuktas Hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI) melakukan yudisium serba pakaian adat. Prosesi unik itu digelar di Hotel Claro, Kamis (13/6/2019).

Suasana yudisum berasa seperti menghadiri sebuah acara pernikahan. Seluruh dosen dan mahasiswa diwajibkan menggunakan pakaian adat berjenis baju bodo.

Ditambah lagi, ada sebuah pelaminan khas suku Bugis Makassar yang terpajang di samping podium utama. Atribut-atribut lain layaknya acara pernikahan pun juga ditampilkan.

Dekan Fakultas Hukum UMI, Muh Syarif Nuh mengatakan, ini kali pertama mereka menggelar yudisium dengan konsep yang berbeda. Biasanya, prosesi yudisium menggunakan pakaian formal seperti jas atau kebaya.

“Ini juga pertama kalinya yudisum digelar di luar kampus. Konsep kita ini sepertinya pertama kali dilakukan. Ini untuk memperkenalkan adat dan budaya kita,” ujar Syarif.

Ia menyebutkan, ada 468 mahasiswa yang mengkuti yudisium hari ini. Jumlah tersebut cukup menggembirakan baginya karena tingkat kelulusan mahasiswa semakin meningkat setiap tahunnya.

“Dari segi alumni kita, paling lambat tiga bulan setelah selelsai mereka sudah mendapat pekerjaan. Kita ada banyak pekerjaan yang terbuka. Rata-rata alumni kita sudah terjaring di dunia kerja,” kata dia.

Syarif berharap, para mahasiswa yang akan terjun ke dunia kerja ini bisa menjadi orang yang berhasil. “Bagi yang mampu dan berkesempatan kita harap lanjut kuliah di S-2,” harapnya.(ism)