Untad Palu Belajar Publikasi Jurnal di UMI Makassar

Kamis, 13 Juni 2019 - 19:12 WIB
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Universitas Tadulako (Untad) Palu berkunjung ke Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Kamis (13/6/2019). Mereka belajar soal proses pembuatan publikasi jurnal.

Saat ini, Untad memiliki International Publication Collaborative Center (IPCC). Unit tersebut baru berdiri sejak 2018 lalu.

Sehingga, mereka merasa perlu untuk melakukan pengembangan. Salah satunya dengan belajar ke kampus-kampus mempunyai publikasi jurnal bereputasi.

Koordinator tim IPCC, Taqyuddin Bakri, mengatakan, diperlukan tata kerja dan manajemen yang andal dalam mengelola dan mengolah artikel sebagai persiapan menuju publikasi internasional. UMI, adalah salah satu kampus yang dianggap bagus.

“UMI saat ini sudah banyak prodi terakreditasi A dan institusi juga A. Kami juga ingin belajar, mungkin ada jurnal-jurnal bereputasi. Kami ingin diberikan peluang agar dapat dijadikan proses belajar,” kata dia.

Rektor UMI, Prof Basri Modding, menyambut baik kedatangan tim dari Untad. Menurutnya, kunjungan yang dilakukan di UMI sudah tepat. Apalagi, status UMI sudah terakreditasi institusi A.

“UMI saat ini punya 56 program studi. Ada dua program diploma tiga, 34 S-1, 11 Magister, tiga doktor, dan enam program profesi. Sebanyak 17 di antaranya sudah terakreditasi A,” tandasnya. (ism)