Dua Ribu Wisata Bekali Jemaah dengan Pengetahuan Umum

Jumat, 14 Juni 2019 - 15:56 WIB
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sebanyak 50 orang jemaah manasik haji dan para pembimbing PT Dua Ribu Wisata mengikuti Manasik Haji Khusus di Swissbel Hotel Makassar, Kamis, 13 Juni hingga 17 Juni 2019.

Sebelum berangkat, jemaah terlebih dahulu diberikan pembekalan dalam manasik mulai dari kesiapan dan perlengkapan yang harus dikenakan nanti, pemeriksaan kesehatan, hingga rute-rute yang harus ditempuh saat melakukan ibadah haji.

Direktur Utama Muhammad Ja’far mengatakan, jemaah ini akan diberangkatkan ke Madinah, 28 Juli hingga kembali 23 Agustus 2019. Namun sebelumnya, jemaah dari Makassar akan transit di Jakarta menggunakan pesawat garuda, kemudian berangkat bersama-sama jemaah dari provinsi lain ke Madinah.

Lanjut Muhammad Ja’far, setiba di sana mereka akan mengambil salat Arbain. Namun tak ketinggalan, di hari pertama manasik, para jemaah terlebih dahulu diajarkan bagaimana menggunakan fasilitas hotel.

“Kita mendapat kuota dari Kementerian Agama sebesar 120 orang, total tersebut sudah termasuk dengan petugas kesehatan dan pembimbing,” ucapnya.

Kepala seksi Pembinaan Haji dan Umrah Kementerian Agama Sulsel, H Solihin mengatakan, jemaah yang ikut manasik ini memang dibimbingan betul-betul. Mulai dari pengenalan semua fasilitasnya memang dari paket layanan wisata.

Jemaah haji ini akan melakukan ibadah haji selama 27 hari. Mereka akan melakukan beberapa perjalanan ibadah dengan didampingi pihak dari PT Dua Ribu Wisata.

“Kita mau jemaah pergi dengan bekal pengetahuan yang cukup. Tak hanya bekal ilmu agama tetapi juga bekal pengetahuan umum yang bisa mereka praktikkan nanti di sana,” ucapnya.

Sebelum berangkat, jemaah menginap lebih dahulu empat hari di Swissbel Hotel Makassar. Kemudian diberi bimbingan tausiah dan akan melakukan latihan naik pesawat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. (wis)