Harga TBS Sulbar Capai Rp1.011,61

Jumat, 14 Juni 2019 - 10:24 WIB

FAJAR.CO.ID, MAMUJU–Harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit ditetapkan Rp1.011,61, untuk Juni. Sekretaris tim penetapan TBS Kimoto Boda,mengatakan, pada bulan Juni harga TBS untuk umur sawit 10 sampai 20 tahun.

“Indeks “K” kita tetapkan 79,06 persen itu sudah diklarifikasi oleh semua perusahaan dan disepakati bersama,” ujar nya. Ia menambahkan untuk bulan ini adanya penurunan sedikit, dimana sebelumnya harga tbs sebesar Rp.1.026,00 sen.

“Tadi kita sudah klarifikasi turunnya harga disebabkan oleh harga CPO dan inti sawit sehingga adanya penurunan harga kita tetapkan,” ucapnya.

Sedangkan, salah seorang pakar Prof. Ponten Naibaho yang ikut hadir pada penetapan tbs mengungkapkan perlunya evaluasi dalam penggunaan data agar adanya persamaan sehingga penetapan bisa mengalami kenaikan.

“Memang perlu perbaikan data agar bisa ditetapkan dengan baik juga. Karena saya lihat tadi ada perbedaan data dimasing-masing perusahaan,” ungkap prof Ponten.

Selain itu, lanjut Prof Ponten dengan adanya evaluasi serta perbaikan maka diyakini harga tbs akan mengalami kenaikan kedepan.
“Peran semua pihak termasuk pemda masing-masing daerah untuk ikut serta mengontrol sehingga harga tbs bisa ditetapkan tanpa adanya perbedaan harga dan data masing-masing perusahaan,” tandasnya. (sal)