Kader Dorong 4 Nama, Keputusan Tetap di Tangan Megawati

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, BANJARMASIN — Sejumlah tokoh disebut-sebut bakal maju di Pilkada Kalsel pada 2020. Hingga kini, hanya ada Khairul Saleh yang terang-terangan akan maju menantang petahana, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor.

Beberapa nama masih belum memberikan kepastian, seperti mantan Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming.

Sayangnya, saat ditanya kesiapannya maju menjadi Cagub Kalsel, Mardani H Maming mengatakan belum memprioritaskan itu. Dia masih fokus pada Pemilihan Ketua BPP Perhimpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) 2019-2022.

Meski demikian, Ketua DPD PDIP Kalsel ini memastikan partainya akan berperan banyak pada Pilkada Kalsel 2020. “Apalagi PDIP berada di urutan kedua suara terbanyak DPRD Kalsel setelah Partai Golkar,” ujar Mardani.

PDIP Majukan Kongres, Siapa Regenerasi Disiapkan?

PDIP menurutnya memiliki kader potensial yang bisa maju pada Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel. “Ada nama Sulaiman Umar, Rosehan NB, Syafruddin H Maming, dan M Syaripuddin,” sebut pria yang juga menjabat Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia ini.

Sulaiman Umar merupakan ipar dari Syamsuddin Arsyad atau yang biasa disapa Isam. Dia juga caleg DPR RI yang memperoleh suara terbanyak di Kalsel. Sementara Rosehan NB merupakan Anggota DPRD Provinsi Kalsel. Dia juga pernah menjabat sebagai Wagub Kalsel.

Selanjutnya nama Syafruddin H Maming saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kalsel. Jabatannya Ketua Fraksi PDIP. Pada Pemilu 2019 lalu, kakak dari Mardani H Maming ini lolos ke DPR-RI. Sedangkan M Syaripuddin saat ini masih sebagai Anggota DPRD Tanbu.

Paling Boros, Madrid Sudah Habiskan Hampir Rp5 Triliun Beli 5 Pemain

Pada Pemilu 2019, M Syaripuddin maju menjadi Caleg DPRD Kalsel dan lolos dengan menjadi salah satu peraih suara terbanyak di Kalsel.

Untuk mencalonkan Cagub Kalsel, PDIP harus berkoalisi mengingat pada Pemilu 2019, partai berlambang banteng moncong putih ini hanya meraih 8 kursi di DPRD Kalsel.

Meski begitu, Mardani mengatakan keputusan apakah partainya akan mengusung cagub maupun cawagub, tetap ada di tangan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Tanpa Gemuruh, Gunung Agung Muntahkan Lava Pijar 700 Meter

“Nantinya kan ada proses pendaftaran calon, kemudian disurvei calon mana yang berpotensi bisa meraih suara terbanyak. Tapi keputusan tetap di tangan Ibu Mega,” tekannya lagi.

Selain Mardani H Maming, nama-nama beken seperti Ketua PAN Kalsel H Muhidin, (mantan Walikota Banjarmasin), Ketua DPD PDIP Kalsel Mardani H Maming yang juga mantan Bupati Tanbu dan Anggota DPR-RI H Sjahrani Mataya, juga bisa menjadi ancaman serius petahana.

Detik-detik Densus 88 Kepung Jaringan JAD di Gunung Mas

Sahbirin Noor sendiri diwacanakan akan maju dengan mantan rivalnya pada Pilgub 2015 lalu, H Muhidin. Sementara Khairul Saleh, meski belum mengajukan wakil, tetapi santer beredar akan berpasangan dengan Habib Abdurrahman Bahasyim.

Pria yang populer dengan sebutan Habib Banua ini menjadi anggota DPD yang mendapatkan suara terbanyak pada Pemilu 2019. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...