Komitmen Yayasan, Ini yang Dilakukan UIT untuk Mahasiswa Baru

Jumat, 14 Juni 2019 - 09:39 WIB

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Terobosan terus dilakukan yayasan dan pihak rektorat Universitas Indonesia Timur (UIT), untuk memudahkan akses pendidikan masyarakat khususnya di Sulsel ke perguruan tinggi.

Rektor UIT Makassar, Dr Andi Maryam menjelaskan, tahun ini pihaknya menggratiskan biaya Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) untuk semua program studi di semua jenjang.

“Biaya SPP itu 100 persen disubsidi oleh Yayasan Indonesia Timur. Itu sudah menjadi komitmen yayasan, sehingga anak-anak kita yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tidak terbebani lagi dengan biaya sumbangan,” jelas Andi Maryam, Jumat, 14 Juni.

Menurutnya, hal ini dilakukan agar tamatan SMA yang ingin melanjutkan pendidikan namun terkendala biaya, bisa tetap berkuliah. Mantan caleg PKS untuk DPRD Kota Makassar ini menyampaikan, nantinya mahasiswa baru cukup membayar Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) setiap semesternya hingga menyelesaikan studi.

“Bahkan biaya BPP ini juga mendapat subsidi dari yayasan sebesar 50 persen. Sehingga, mahasiswa nantinya hanya membayar setengahnya,” terang Andi Maryam. Untuk BPP sendiri besarannya bervariasi. Program studi dengan BPP terendah adalah Pendidikan Agama Islam dengan Rp 975.000 per semester, sementara BPP tertinggi adalah program studi D-III dan D-IV Kebidanan sebesar Rp2.975.000 per semester.

UIT sendiri membuka dua program studi untuk D-III, satu program studi D-IV, 14 program studi S1 dan empat program studi S2. Pendaftaran dibuka hingga 29 Juni dan tes tertulis dilaksanakan 1 Juli 2019. “Nanti kita akan lihat apakah masih ada kuota yang masih bisa menerima mahasiswa. Jika masih ada, akan kita buka gelombang kedua,” pungkas Andi Maryam. (nur)