Mahasiswa Unhas Ciptakan Sabun Berbentuk Kertas dari Tanah, Bisa untuk Bersuci

Jumat, 14 Juni 2019 - 14:30 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Empat mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) menciptakan sabun berbentuk kertas dari tanah. Sabun praktis bagi orang muslim yang sering berinteraksi dengan anjing.

Keempat mahasiswa tersebut adalah Andi Sekar Ayu dan Ayu An Nisa (Kedokteran Hewan), Nurlatifah Amu (Sosial Ekonomi Perikanan), serta Farida Hanum Amu (Ilmu Gizi).

Sabun ini punya beragam fungsi. Selain sebagai alternatif untuk bersuci dari air liur anjing, sabun ini juga bisa mencegah penularan penyakit. Bentuknya pun dibuat lebih sederhana menjadi lembaran kertas, agar mudah dibawah ke mana-mana.

Salah seorang anggota tim, Nurlatifah Amu menerangkan, ide awal membuat produk ini berawal dari fenomena banyaknya umat muslim yang berinteraksi dengan binatang. Salah satunya anjing.

Sedangkan diketahui, air liur anjing merupakan salah satu najis besar bagi umat muslim. Sementara tanah, kata Nurlatifah, kini semakin sulit ditemui. Sehingga, mereka berinisiatif membuat inovasi yang diberi nama Thallasana.

“Cara penggunaannya cukup praktis yaitu cukup dengan membuka kemasan sabun yang dilapisi aluminium foil lalu basahi dengan air, kemudian tinggal menggosok tangan hingga berbusa dan bilas kembali,” jelasnya, Jumat (14/6/2019).

Dia mengakui, cara pembuatan produk buatannya ini sama seperti pembuatan sabun pada umumnya. Hanya saja, ada tambahan tanah sebagai salah satu bahan dasarnya.

“Kita berharap ini menjadi alternatif solusi praktis ketika sulit mendapatkan tanah untuk bersuci. Selain itu melalui produksi dan penjualan produk mampu meningkatkan semangat dan motivasi kita dalam berwirausaha,” ujar dia.

Produk buatannya ini pun berhasil lolos dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kemenristekdikti 2019 dan berhak mendapatkan bantuan pendanaan pembuatan produk.(ism)