Mahasiswa UNS Buat Papan Partisi dari Cangkang Keong dan Blotong Tebu

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, GROBONGAN–Mahasiswa UNS berhasil membuat karya papan partisi kedap air. Caranya dengan memanfaatkan limbah cangkang keong sawah dan blotong tebu. Hasilnya papan partisi kedap suara, air, dan tahan api yang berguna untuk mengurangi limbah sekaligus mampu mengurangi risiko korban gempa.

Tiga mahasiswa tersebut yaitu Ineke Bela Ramdani (D3 Teknik Sipil), Jeesica Hermayanti Pratama (S1 Kimia), dan Fajar Julian Santosa (S1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian) dengan dosen pembimbing Widi Hartono (Teknik Sipil) melakukan penelitian tentang Smart-Partisi (Papan partisi kedap suara, anti jamur, tahan air dan api).

Kasus Kapal Tangkapan Posmat TNI AL Mulai Disidangkan di PN Bulukumba

Berlatar belakang mengurangi limbah cangkang keong sawah dan blotong tebu, mendorong tiga mahasiswa ini memunculkan ide baru. Mereka menuangkan idenya melalui penelitian smart-partisi dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2019. Penelitiannya itu berhasil lolos didanai Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Diduga Cemburu ke Oknum Brimob, Pemicu Oknum TNI Mutilasi Pacar

”Smart-partisi ini kami buat agar dapat mengurangi permasalahan lingkungan terutama limbah cangkang keong dan blotong tebu. Selain itu, mengingat Indonesia terletak di wilayah geografis yang rawan gempa sehingga dibutuhkan material yang ringan untuk mengurangi risiko korban gempa”, ungkap Ineke.

Smart-partisi itu menjadi sebuah inovasi papan partisi dengan bahan campuran cangkang keong sawah dan blotong tebu. Kandungan CaO dalam cangkang keong sawah diharapkan dapat mengurangi penggunaan semen serta kandungan karbon dan silica dalam blotong tebu diharapkan dapat menyerap bunyi.

Mahasiswa Kehutanan Unhas Buat Papan Partikel, Perekatnya Pakai Limbah Kulit Udang

Dengan teknologi coating TiO2 dan Al2O3 menjadikan partisi anti jamur dan tahan api. Smart-Partisi memiliki keunggulan kedap suara, anti jamur, tahan air dan api.

”Melalui penelitian ini, harapannya SMART-PARTISI dapat bermanfaat dan menjadi inovasi bagi pembangunan di Indonesia serta dapat mengurangi limbah cangkang keong sawah dan blotong tebu,” paparnya. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...