PDIP Majukan Kongres, Siapa Regenerasi Disiapkan?

Jumat, 14 Juni 2019 - 08:16 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — PDIP memajukan pelaksanaan kongresnya dari rencana semula pada 2020 menjadi Agustus mendatang. Agenda pokok dalam Kongres V PDIP itu adalah pemilihan ketua umum.

Menurut Ketua DPP PDIP, Hendrawan Supratikno, kongres partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu akan digelar pada 8-10 Agustus mendatang. “Agustus di Bali,” ujarnya di Jakarta, Kamis (13/6).

Tim Jokowi Sebut Langkah Kubu Prabowo Tak Sesuai Aturan

Terpisah, ‎Sekretaris Badan Pendidikan dan Latihan DPP PDIP, Eva Kusuma Sundari mengatakan salah satu agenda kongres adalah regenerasi. Menurutnya, Megawati sedang mempersiapkan penggantinya di kursi ketua umum.

“Saya yakin ketum (Megawati, red) sedang menyiapkan regenerasi PDIP dengan cermat. Beliau tentunya sedang mempersiapkan penggantinya yang nanti akan ditunjuk karena setiap kongres, oleh partai apa pun, agendanya mencari ketum baru,” katanya.

Analisis Sarjana Muslim Soal Gugatan Prabawo-Sandi di MK

Anggota Komisi XI DPR itu menambahkan, regenerasi merupakan kebutuhan internal di tengah berbagai dinamika politik yang berlangsung. Karena itu, katanya, PDIP perlu meresponsnya melalui kongres. “Ini percepatan regenerasi. Banyak hal penting harus segera direspons oleh pasukan baru,” ujarnya.

Soal Gugatan Prabowo, Ini Kata Hamdan Zoelva

Sebelumnya Kongres PDIP di Bali pada 2015 mengukuhkan Megawati sebagai Ketua Umum. Putri Proklamator RI itu telah memimpin PDIP sejak partai berlambang kepala banteng tersebut masih bernama PDI pada masa pemerintahan Orde Baru. (jpnn)