Rambu Solo’ Dilaksanakan, Pemkab Tak Sekadar Tarik Retribusi Potong Hewan

Jumat, 14 Juni 2019 - 10:31 WIB

FAJAR.CO.ID.MAKALE–Pemkab tarik retribusi potong hewan di kegiatan rambu solo ( upacara kematian ) bukan tak disertai partisipasi. Selain menfasilitasi kebutuhan pelayanan berupa pengamanan , pelayanan kesehatan juga ikut dalam menjaga lokasi kegiatan untuk tetap bersih.

Pos kesehatan dengan tenaga medis dan obat obatan , toilet portable, pengamanan serta tenda pos pendaftaran tamu jadi sumbangan gratis dari pemerintah daerah di lokasi kegiatan.

Khusus untuk kebersihan pemkab menerjunkan langsung petugas kebersihan serta mobil tangki PDAM untuk kebutuhan air bersih.  “Sejumlah warga khususnya dari keluarga yang melaksanakan kegiatan acara rambu solo menyambut baik partisipasi dan bentuk pelayanan pemerintah daerah , ” ungkap Batara Manik Allo, Camat Sangalla Utara, Jumat (14/6) yang sepekan lalu di wilayahnya berlangsung beberapa acara rambu solo’.

Menurut Batara, partisipasi seperti itu jadi bentuk atau dasar menarik retribusi. Retribusi pajak rumah potong hewan untuk satu ekor kerbau ditarik Rp150 ribu dan babi Rp75 ribu. (fkt)