Skadron 33 Resmi Beroperasi, Gabungan Dua Lanud

Jumat, 14 Juni 2019 - 17:56 WIB
Marsma TNI H Haris Haryanto

FAJAR.CO.ID, MAROS –– Skadron Udara 33 Lanud Sultan Hasanuddin resmi beroperasi, Jumat, 14 Juni. Peresmiannya dilakukan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Komandan Skadron Udara (Danskadron) 33 Lanud Sultan Hasanuddin, Letkol Pnb Agus Rohimat mengatakan, Skadron 33 merupakan bentukan baru yang mengawaki pesawat angkut berat dengan tugas pemindahan personel atau barang.

Tahap awal, skadron ini akan mememiliki pesawat yang merupakan relokasi dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma, dan Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang. Dari dua skadron tersebut beberapa pesawat dipindah tugaskan ke Skadron Udara 33.

“Personelnya dari bentukan dua skadron itu juga. Ada juga dari Mabes AU,” kata Mantan Komandan Skadron Udara 32 itu, kemarin. Komandan Lanud Sultan Hasanuddin (Danlanud), Marsma TNI H Haris Haryanto menambahkan, postur TNI AU akan terus dibangun untuk menguatkan kekuatan udara. “Skadron Udara 33 ini dibentuk untuk memenuhi postur TNI AU,” ucapnya.

Kekuatan personel dari Skadron 33 ini memang dari Malang, dan Halim. Total personel sementara 72 orang. Namun, nanti keseluruhan 140 personel. “Kekuatan pesawat juga baru lima. Tapi dalam satu skadron antara 12 sampai 16 pesawat. Kita pelan-pelan akan penuhi itu semua,” jelas mantan ajudan Wakil Presiden RI itu. (gun/abg)