Sulsel Terima 12.252 Siswa, Untuk Jalur Prestasi dan Pindah Tugas

Jumat, 14 Juni 2019 - 11:00 WIB
Dokumen FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel akan membuka jalur prestasi dan perpindahan orang tua siswa untuk PPDB SMA/ SMK, Senin, 17 Juni. Kuota yang tersedia 12.252 siswa.

Data dari Disdik Sulsel, kuota jalur prestasi SMA dan SMK negeri se-Sulsel hanya 6.126 siswa atau lima persen dari total kuota. Jumlahnya sama untuk mereka yang mendaftar lewat jalur perpindahan orang tua/ wali.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo mengatakan, kuota untuk dua jalur ini memang tak besar. Totalnya hanya 10 persen. Jika jumlahnya tak terpenuhi, sisa kuota akan beralih ke jalur zonasi yang baru dibuka, Senin, 24 Juni.

Ia pun berharap, mereka yang masuk klasifikasi persyaratan untuk dua jalur ini, betul-betul memanfaatkan kesempatan. Utamanya bagi mereka yang punya prestasi, baik tingkat daerah atau tingkat nasional hingga internasional.

“Tidak boleh ada yang memalsukan sertifikatnya. Itu akan terpantau oleh Disdik. Kami betul-betul akan periksa semua sertifikat siswa, utamanya saat proses verifikasi nanti,” bebernya kepada FAJAR, beberapa waktu lalu.

Koordinator Bidang Data PPDB Sulsel, Asqar mengatakan, jalur prestasi dan perpindahan orang tua siswa sama kuotanya. Nantinya pendaftaran akan dibuka selama lima hari. Proses pendaftaran akan bersamaan dengan verifikasi.

Pihaknya pun mengaku sudah sosialisasi ke sejumlah sekolah-sekolah terkait proses pendaftaran. Harapannya tak ada lagi masalah saat proses pendaftaran, yang akan dilakukan di aplikasi PPDBepanrita.

“Kami sudah siap dengan sistemnya. Ini pendaftaran awal untuk sekolah umum. Baik SMA maupun SMK. Kami berharap tak ada lagi masalah nantinya,” tambahnya. (ful/abg)