Waduh! Atlet Sulsel Tanpa Try Out

Jumat, 14 Juni 2019 - 10:42 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR–Tim pelatih dan atlet Sulsel, harus berjuang lebih keras. Pasalnya, Dispora Sulsel tidak mengagendakan menggelar try out jelang keikutsertaan Pra-PON 2019.

Kondisi demikian, memantik keprihatinan sejumlah pihak. Terlebih, Sulsel membidik peningkatan prestasi dibandingkan saat turun berlaga di PON Jabar, 2016 lalu.

Kabinpres KONI Sulsel, Abraham Razak mengatakan, atlet membutuhkan program try out sebelum turun bertanding di Pra-PON. Demi mengukur kemampuan hasil latihan atlet secara keseluruhan melalui performa fisik dan teknik.

“Melalui try out pula untuk menguji taktik, strategi, dan mental sebelum berlaga di Pra-PON dan PON,” kata Abraham.

Atlet andalan Sulsel dari cabang olahraga judo, Aditya Wahyudi Muhammad menuturkan, seorang atlet membutuhkan try out. Sehingga, program demikian perlu dilaksanakan.”Karena kita perlu jam terbang. Kalau latihan disini terus, tidak ada perkembangan,” aku Aditya.

Aditya bercerita, pada era KONI Sulsel yang mengelola anggaran olahraga, dia memakai uang pribadi terlebih dahulu untuk digunakan try out. “Nanti uang pribadi akan diganti oleh KONI Sulsel,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sulsel, Muhlis berujar anggaran yang tersedia untuk Pra-PON 2019.”Tidak ada anggarannya (untuk try out atlet). Hanya ada Pra-PON saja,” ucapnya. (smd)