Hebat… Anak Penjual Beras Jadi Wisudawan Berprestasi di FTI UMI, Ini Kisahnya

Sabtu, 15 Juni 2019 - 17:08 WIB
Muhammad Rizki Fauzan Ibrahim.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Muhammad Rizki Fauzan Ibrahim lulus dari Universitas Muslim Indonesia (UMI) dengan predikat mahasiswa berprestasi. Dia lulus dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,86.

Ternyata, pria kelahiran Eteng, 01 September 1997 silam ini adalah seorang anak dari penjual beras. Meski berasal dari keluarga pas-pasan, Fauzan sapaan akrabnya, tetap semangat kuliah. Ia berusaha menjadi mahasiswa yang produktif dengan mengikuti empat organisasi mahasiswa agar soft skillnya bertambah.

“Sebenarnya tidak ada target untuk dapat predikat di hari kelulusan ini. Sebab, saya aktif berorganisasi, total ada empat organisasi yaitu HMI, organda HIMSI, UKM Futsal dan Bulutangkis,” kata mahasiswa prodi Teknik Pertambangan ini.

Selama menempuh perkuliahan, Fauzan dikenal taat pada tata tertib kampus. Perintah yang diberikan oleh dosen selalu dijalankan dengan baik dan sesuai sistem.

“Kesibukan tidak boleh mengganggu proses kuliah. Atur waktu dengan membuat daftar prioritas. Misalnya, ketika jadwal kuliah bertabrakan dengan kegiatan himpunan, saya memilih ikut kuliah dulu lalu hadir di acara tersebut,” jelasnya.

Dia bercerita, kuliahnya dibiayai sepenuhnya oleh orang tua. Keperluan akademiknya selalu dipenuhi meski harus bersusah payah.

“Saya sempat ingin membantu orang tua, tapi beliau bilang fokus saja kuliah. Alhamdulillah, orang tua tidak pernah mengeluh dengan segala permintaan saya. Ada-adaji terus asal meminta untuk hal positifji,” tutupnya.

Sekadar diketahui, total wisudawan UMI pada periode I Tahun 2019 ada sebanyak 2.836 alumni. Acara ini akan berlangsung selama tiga hari. Secara rinci, Sabtu, 15 Juni ada 1075 alumni, masing-masing S1 569 mahasiswa, program profesi 105 mahasiswa, program magister 355 mahasiswa, dan doktor 46 mahasiswa.

Pada, Minggu, 16 Juni ada 966 alumni, masing-masing S1 933 mahasiswa dan program profesi sebanyak 33 orang. Sementara di hari Senin, 17 Juni ada 795 alumni diantaranya, diploma 60 mahasiswa, S1 564 mahasiswa, dan program profesi 171 mahasiswa. (sul)