Maskapai Asing Berbagi Rute, Tak Ada Penerbangan Domestik

Sabtu, 15 Juni 2019 - 12:27 WIB
Maskapai asing yang beroperasi di Makassar juga hanya melayani rute internasional.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR— Isu maskapai asing Tiongkok layani rute Jakarta-Makassar dibantah Kemenhub. Hanya kerja sama Code Share. Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Polana B. Pramesti, mengemukakan, penumpang dari Tiongkok ke Makassar memang pakai China Airlines. Tapi sampai di Jakarta saja, penerbangan ke Makassar dilanjutkan Garuda Indonesia.

“Ini namanya kerja sama code share. Penjualan tiket memang dilakukan China Airlines,” ujar Polana, Jumat, 14 Juni.

Polana memastikan, saat ini belum ada satu pun maskapai asing yang mendaftar untuk rute domestik. Kalau pun maskapai asing sudah masuk, nama perusahaannya
tentu bakal tercatat dalam online single submission atau portal perizinan.

VP Corporate Secretary Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan saat dikonfirmasi FAJAR, Jumat, 14 Juni mengatakan, bentuk kerja samanya yakni berbagi rute penerbangan internasional yang sama. Isu yang beredar itu rute lengkapnya adalah Taipei-Makassar. Perjalanan Taipei ke Jakarta dioperasikan China Airlines, sedangkan Jakarta-Makassar oleh Garuda Indonesia.

“Ini biasa karena sama-sama tergabung di aliansi SkyTeam,” bebernya.

Kerja sama seperti ini kata dia, juga dilakukan Garuda Indonesia dengan maskapai di negara lain. Tujuannya untuk menjangkau rute-rute destinasi tertentu yang tidak bisa dilayani langsung. “Itu karena disebabkan restriksi yang dilakukan pemerintah setempat,” terangnya.

Communication and Legal Section Head Sultan Hasanuddin International Airport Makassar, Dian Permata Sari membantah ada maskapai asing yang melayani rute domestik Jakarta-Makassar. Maskapai asing yang beroperasi di Makassar juga hanya melayani rute internasional.

“Seperti AirAsia ke Kuala Lumpur, SilkAir ke Singapura dan Saudi Airlines yang layani ke Madinah,” terangnya. (dir/aci)