Preview Ukraina vs Korsel: Mengejar Mahkota Pertama

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, LODZ—Ukraina dan Korea Selatan akan berduel di final Piala Dunia U-20 di Lodz Stadium, dinihari nanti. Siapapun yang keluar sebagai pemenang akan menjadi juara baru turnamen dua tahunan ini.

Status sebagai jawara baru itu tentu menjadi garansi duel partai puncak ini bakal sengit. Baik Ukraina yang baru berpartisipasi empat kali atau pun Korsel yang sudah ikut 15 kali akan berusaha menunjukkan performa terbaik mereka untuk meraih mahkota bergengsi ini.

Prestasi terbaik Ukraina sejak memisah dari Uni Soviet pada tiga kesempatan terdahulu adalah babak 16 besar. Walau masih terbilang minim pengalaman, sukses mereka mengalahkan Italia di semifinal dengan skor 1-0 membuat mereka cukup percaya diri menghadapi Korsel.

Pelatih Ukraina, Oleksandr Petrakov pun menyadari bahwa ini menjadi pertaruhan baginya. “Saya mengambil tim saat mereka berusia 15 tahun. Sekarang saya telah bekerja dengan anak-anak ini selama lima tahun. Saya tidak ingin mengucapkan selamat tinggal,” kata Petrakov di situs resmi klub.

Sepanjang partisipasi mereka di Piala Dunia U-20 ini, sang pelatih mengklaim anak asuhnya sangat luar biasa. Khususnya saat mengalahkan Italia. Ia berharap timnya bisa mempertahankan performa bagus itu di final nanti.

“Saya sangat puas dengan pemain saya.  Kami telah bekerja sangat keras untuk tampil di turnamen ini, dan saya sangat bangga dengan cara mereka menangani permainan,” tegas Petrakov.

Petrakov akan kembali berharap sihir Serhiy Buletsa di partai pamungkas ini. Sebelumnya, sang playmaker menjadi mimpi buruk Italia di semifinal. Sepanjang turnamen, pemain yang mengidolakan Lionel Messi itu sudah melesakkan tiga gol dan dua assist yang membuatnya menjadi pemain paling berpengaruh dalam skuat.

Selain pemain nomor 10 itu, Ukraina sekali lagi butuh penampilan hebat kiper Andriy Lunin. Bintang muda Real Madrid tersebut tampil luar biasa sejak penyisihan dan hanya kebobolan tiga gol dalam lima pertandingan.

Korea Selatan yang mengalahkan Ekuador di semifinal tak kalah ambisius menyongsong final. Bagi Korsel, kemenangan di final merupakan sejarah baru dimana mereka akan menjadi negara Asia pertama yang merengkuh trofi Piala Dunia U-20.

“Suatu kehormatan mutlak. Itu satu-satunya cara untuk menggambarkannya, Saya sangat percaya pada staf pelatih kami, dan saya yakin kami akan melakukannya. Kami akan menonton beberapa video dan mencoba menemukan cara untuk mengalahkan Ukraina, yang akan menjadi lawan yang tangguh,” kata kiper Lee Gwangyeon di situs resmi FIFA.

Jun Choi yang menjadi pahlawan kemenangan Kesatria Taeguk di semifinal menegaskan, target mereka ke Polandia adalah juara. Karena itu, mereka akan tampil habis-habisan di final ini agar bisa mewujudkan target tersebut.

“Suatu kehormatan bisa bermain di final pertama negara kami. Tujuan kami sejak awal kamp pelatihan adalah untuk memenangkan gelar. Semua orang, mulai dari starter hingga cadangan, datang bersama sebagai satu tim. Itulah bagaimana kami dapat melangkah sejauh ini, dan kami belum selesai,” kata Choi di Yonhap dikutip dari Korea Times.

Pada final ini, Korsel bisa memainkan seluruh pemain terbaiknya termasuk bintang mereka, Lee Kangin yang merupakan produk Valencia. Sebaliknya, Ukraina tidak bisa memainkan bek andalannya, Denys Popov yang mendapat kartu merah di babak semifinal. (amr)

 

Prakiraan Pemain

Ukraina (4-4-2): Andry Lunin; Valerii Bondar, Oleksandr Safronov, Maksym Chekh, Viktor Korniienko; Serhiy Buletsa, Danylo Beskorovainyi, Danylo Sikan, Kyrylo Dryshliuk; Yukhym Konoplia, Oleksii Kashchuk

Korea Selatan U-20 (4-4-2): Kwang-Yeon Lee; Tae-Hyeon Hwang, Jae-Ik Lee, Ji-Sol Lee, Hyun-Woo Kim; Se-Hun Oh, Kang-In Lee, Jae-Hyeon Ko, Ho-Jin Jeong; Jun Choi, Se-Yun Kim

 

ROAD TO FINAL

UKRAINA

Babak 16 besar: Ukraina 4-1 Panama

Babak 8 besar: Kolombia 0-1 Ukraina

Babak semifinal: Ukraina 1-0 Italia

KOREA SELATAN

Babak 16 besar: Jepang 0-1 Korea Selatan

Babak 8 besar: Korea Selatan 3 (3)-(2) 3 Senegal

Babak semifinal: Ekuador 0-1 Korea Selatan

 

REKOR UKRAINA DI PIALA DUNIA U-20 (PARTISIPASI 4 KALI)

2001: Babak 16 besar

2005: Babak 16 besar

2015: Babak 16 besar

STATISTIK

Main: 18

Menang: 9

Imbang: 6

Kalah: 3

Gol: 33

Kebobolan: 16

REKOR KORSEL DI PIALA DUNIA U-20 (PARTISIPASI 15 KALI)

1979: babak pertama

1981: babak pertama

1983: peringkat 4

1991: 8 besar

1991: babak pertama

1997: babak pertama

1999: babak pertama

2003: 16 besar

2005: babak pertama

2007: babak pertama

2009: 8 besar

2011: 16 besar

2013: 8 besar

2017: 16 besar

STATISTIK

Main: 58

Menang: 18

Imbang: 14

Kalah: 26

Gol: 73

Kebobolan: 91

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...