Tidak Bekerja Tiga Bulan, Tiga Anggota Kepolisian Jalani Sidang Disiplin

Sabtu, 15 Juni 2019 - 09:57 WIB

FAJAR.CO.ID,MAROS –Tiga anggota Kepolisian Resort (Polres) Maros menjalani Sidang Dispilin Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kemarin di Aula Kapolres Maros, Jalan Jenderal Ahmad Yani.

Sidang disiplin yang dipimpin Wakapolres Maros, Kompol Muh Amin ini digelar setelah ketiganya ketahuan lalai dari tugas dan tanggungjawab.

Sementara Kepala Seksi Propam Polres Maros, Ipda Hamzah yang bertindak sebagai penuntut mengatakan ketiga oknum polisi masing-masing Bripka CF, Briptu AW dan Bripda MH terduga melanggar PP RI NO. 2 tahun 2003 Tentang Peraturan disiplin anggota Polri.

“Jadi ketiga oknum itu tidak melaksanakan tugas atau tidak masuk kerja selama 3 bulan tanpa izin dan alasan yang jelas. Hal itu sesuai dengan hasil pengecekan absensi kehadiran,”katanya.

Pelanggaran yang dilakukan oleh ketiga oknum sama hanya point dalam pasalnya yang berbeda.

“Mereka melangar peraturan yang sama namun berbeda poin dan pasalnya, seperti terduga pertama itu Pasal 4 huruf (d) dan huruf (L), terduga kedua, Pasal 3 huruf (g) dan Pasal 5 huruf (a) dan terduga ketiga pada Pasal 4 huruf (d) dan Pasal 6 huruf (c),” jelasnya.

Sementara itu Wakapolres Maros, Kompol Muh Amin yang bertindak sebagai pimpinan sidang mengatakan ketiga anggota kepolisian itu terbutki melakukan tindakan indispliner.

“Hal ini sudah wajib kita laksanakan ketika ada laporan dari Propam, kita juga harus menjaga kedispilinan anggota Polri yang seharusnya melaksanakan tugas sebaik-baiknya dan dengan penuh kesadaran dan penuh rasa tanggung jawab,” ungkapnya.

Untuk putusannya itu, kata dia, ada dua jenis, seperti penempatan ditempat khusus selama 21 hari dikurangi masa pengamanan selama tujuh hari dan penundaan kenaikan Gaji berkala selama 6 bulan.(rin)