Sekali Pelatihan K3 Dapat 10 Sertifikat, Ini Tujuannya

Minggu, 16 Juni 2019 - 13:41 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — PT Sinergi Timur Indonesia (PT Sintesa) bakal menggelar pelatihan ahli K3 Umum mulai 15 hingga 28 Juli nanti. Sekali pelatihan mendapatkan 10 sertifikat langsung.

Pelatihan itu nanti terbuka untuk umum. Bagi mahasiswa dan karyawan perusahaan. Kegiatan itu akan dilakukan di Hotel Continent. Kemudian untuk di Kendari, Sulawei Tenggara, berlangsung dari 22 Juli sampai 4 Agustus di Hotel Dragon Inn.

Direktur Utama PT Sinergi Utama Indonesia, Ayu Puspita Sari, mengatakan, tujuan pelatihan K3 ini untuk menciptakan tempat kerja yang aman, sehat, dan bebas dari pencemaran lingkungan dengan memelihara dan melindungi kesehatan, keamanan, dan keselamatan tenaga kerja sehingga dapat mencegah atau mengurangi terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

“Pada akhirnya dapat meningkatkan sistem efisiensi dan produktivitas kerja. Sekali pelatihan dapat 10 sertifikat,” katanya kepada FAJAR, Minggu (16/6/2019).

Kata dia, 10 sertifikat itu adalah Sertifikat Calon/Ahli K3 Umum Kemnaker RI dan SKP Ahli K3 Umum (bagi yang telah bekerja), Sertifikat ISO 9001 – Sistem manajemen mutu, Sertifikat ISO 14001 – Lingkungan, Sertifikat ISO 45001 – Manajemen K3.

Kemudian Sertifikat ISO 31000 – Sistem Manajemen Risiko, Sertifikat First Aid, Sertifikat Fire Fighting, Sertifikat Contractor Safety Magememt System (CSMS), Sertifikat Job Safety Analysis (JSA), dan Accident Insvestigation (AI).

“Kami mengharapkan nantinya para peserta yang telah mengikuti pelatihan dan khususnya membantu instansi atau lembaga untuk memahami dan mempraktekkan K3 di tempat kerja,” tambah perempuan yang selalu tersenyum itu.

Diketahui Perushaan itu berdiri sejak 17 april 2019. Tiga alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Ayu Puspita Sari, Fahruddin dan Husnul Mubarak mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang training dan konsultasi tersebut. (gun)