Daftar Tunggu Haji Capai 32 Tahun di Maros

Senin, 17 Juni 2019 - 15:48 WIB

FAJAR.CO.ID,MAROS — Sekitar 333 calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Maros mengikuti bimbingan manasik haji terpadu di Ruang Pola Kantor Bupati Maros, Senin, (17/6). Pelaksanaan manasik haji ini dibuka langsung Bupati Maros,HM Hatta Rahman.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Maros, Syamsuddin mengatakan untuk tahun 2019 ini Maros mendapat kuota CJH sebanyak 333 orang setelah mendapat penambahan kuota.

“Biasanya kuota Maros kan hanya 313 tapi setelah mendapat penambahan 19 orang plus TPHD Maros. Totalnya menjadi 333 orang,” sebutnya.

Meski demikian hal ini tidak mengurangi jumlah daftar tunggu CJH. Sebab daftar tunggu mencapai 32 tahun.

Jumlah CJH 333 orang ini Maros akan diberangkatkan dalam dua kloter, yakni kloter 32 dan kloter 34.

“Kloter 32 diberangkatkan tanggal 29 Juli dan kloter 34 tanggal 31 Juli 2019. Jadi manasik ini kita gelar sebagai pembakalan bagi para CJH,” katanya.

Dia mengatakan dari 333 orang CJH lima orang merupakan lansia dengan usia 75 tahun.

Syamsuddin juga mengaku berterima kasih kepada Pemerintah Daerah yang menggratiskan transportasi embarkasi dan pemeriksaan kesehatan.

Sementara itu Bupati Maros, HM Hatta Rahman mengaku sengaja menggratiskan biaya transportasi dan pemeriksaan kesehatan untuk memudahkan para CJH.

“Kita ingin agar mereka ini konsen beribadah tanpa memikirkan biaya-biaya transportasi dan pemeriksaan kesehatan,” sebutnya.

Kepala Bagian (Kabag) Sosial dan Keagamaan Prayitno mengatakan pihaknya menganggarkan transportasi embarkasi CJH sebesar Rp40 juta. “Itu untuk pulang pergi embarkasi Pemda yang bayarkan,” sebutnya. (rin)