Ini Penyebab Wings Air Tunda Penerbangan Palu-Luwuk

1 Komentar

FAJAR.CO.ID, PALU – Wings Air, member of Lion Air, sempat menunda keberangkatan pesawat yang membawa penumpang dari Bandar Udara Syukuran Aminuddin Amir, Luwuk, Sulawesi Tengah (LUW) ke Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu, Sulteng (PLW), dan sebaliknya, Sabtu (15/6).

Pemberangkatan sempat ditunda karena alasan cuaca. Para penumpang akhirnya diberangkatkan pada Minggu (16/6) kemarin.

Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, layanan penerbangan telah dijalankan sesuai standar operasional prosedur (SOP).

Siti Minta Formasi Khusus CPNS Honorer di Atas 35 Tahun

Danang menjelaskan berdasar pemberitahuan resmi (notam), jarak pandang di Luwuk dan di Palu pada Sabtu (15/6) kurang dari 500 meter akibat dari cuaca buruk (bad weather), sehingga tidak memenuhi kualifikasi standar keselamatan penerbangan. “Kondisi tersebut adalah force majeure atau di luar kemampuan sumber daya manusia dan perusahaan,” jelasnya.

Dua Mayjen TNI Sudah Ditahan, IPW Desak Polisi Terungku Komjen Sofyan Jacob

Untuk memastikan keselamatan dan keamanan operasional, Wings Air menunda keberangkatan (postponed) layanan penerbangan. Yakni, penerbangan nomor IW-1147 Luwuk – Palu, keberangkatan pukul 07.45 WITA. Kemudian, penerbangan nomor IW-1157 Luwuk – Palu, keberangkatan pukul 15.15 WITA. Penerbangan nomor IW-1156 Palu – Luwuk, keberangkatan pukul 13.50 WITA. Penerbangan nomor IW-1146 Palu – Luwuk, keberangkatan pukul 15.50 WITA.

“Wings Air telah menyampaikan kepada seluruh penumpang yang terganggu perjalanannya dan menginformasikan menurut perkembangan terbaru,” ujarnya.

Aroma Pecah Kongsi Jelang Pilkada 2020

Hari ini, Minggu (16/ 6), operasional Wings Air sudah normal kembali setelah jarak pandang dinyatakan memenuhi persyaratan keselamatan penerbangan. “Wings Air sudah memberangkatkan seluruh penumpang yang terkena dampak penundaan penerbangan sesuai kota tujuan,” kata Danang.

Wings Air senantiasa berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait dalam mendukung setiap pelaksanaan operasional. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment