Lima Besar Calon Kuat Bupati Bulukumba, Tomy dan Hamzah Pangki Dua Diantaranya

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA – Bakal calon Bupati Bulukumba 2020 sudah banyak bermunculan. Tetapi, hanya ada lima figur disebut paling berpeluang menang. 

Hal itu berdasarkan temuan, lembaga survei Indo Supporting Idea (INSIDE) Research yang melakukan survei untuk memotret kans sejumlah figur bakal calon bupati yang santer diisukan akan bertarung. 

INSIDE Research melakukan pengambilan data pada 440 responden mulai 11 Juni sampai dengan 14 Juni 2019 dengan menggunakan metode Multistage Random Sampling.

Lma figur yang untuk sementara waktu dianggap memiliki kans cukup besar untuk bertarung diantaranya, Tomy Satria Yulianto yang saat ini menjabat Wakil Bupati dan juga Ketua DPD Nasdem Bulukumba, Ketua DPC PPP H. Askar HL, Arum Spink, Andi Edy Manaf, dan Ketua DPD Golkar Bulukumba Andi Hamzah Pangki. 

Peneliti INSIDE Research, Riswan Sawedi mengungkapkan bahwa temuan tersebut bukanlah hal yang mengejutkan. 

“Nama-nama tersebut sudah cukup dikenal publik Bulukumba karena selama ini mereka aktif berkiprah sebagai legislator, pengurus partai dan pejabat eksekutif,” ungkap Riswan. 

Lebih lanjut Riswan memaparkan bahwa kelima figur tersebut sebetulnya memiliki kans yang sama. Hanya saja, ada 3 di antaranya yang mungkin memiliki keunggulan tersendiri lantaran posisinya saat ini yang menjabat sebagai ketua partai. 

“Sehingga untuk memperoleh rekomendasi partai sangat mungkin menduduki posisi prioritas. Meskipun nantinya tetap saja setiap paslon harus membangun koalisi untuk mencukupkan syarat pencalonan yang membutuhkan minimal delapan kursi,” jelas pria yang akrab disapa Ris ini.

Peneliti yang cukup lama berkiprah di beberapa lembaga survei nasional ini juga menyampaikan bahwa ada temuan yang cukup menarik di survei INSIDE. Pada pertanyaan top of mind (pertanyaan terbuka), beberapa responden secara spontan menyebut nama Kahar Muslim. “Sepertinya Kahar masih harus diperhitungkan walau per hari ini kansnya tidak lagi begitu meyakinkan,” jelas Riswan.

Ris menambahkan bahwa selain nama-nama yang terbilang “figur lama” tersebut, pihaknya juga patut memperhitungkan beberapa figur baru yang diprediksi bakal meramaikan bursa calon bupati Bulukumba mendatang. (taq)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...