Pilwalkot Makassar, Fakta Kedekatan Dokter Onasis dengan PDIP dan Nasdem

2 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Nama Taufiqul Hidayat Ande Latief, yang akrab disapa dokter Onasis, makin santer kuat sebagai figur maju di Pilwalkot Makassar 2020 mendatang. 

Munculnya nama Dokter Onasis meramaikan Pilwalkot kali ini menjadi salah satu topik hangat menjadi pembicaraan sekarang ini. Khususnya soal kedekatan terhadap beberapa Partai Politik. PDIP dan Nasdem diantaranya.

Dokter Onasis bisa saja mendapatkan rekomendasi Partai Nasdem dan PDIP. Itu sangat memungkinkan terjadi. 

Mengingat, dokter Onasis melalui keluarga besarnya punya kedekatan dari dua partai ini. 

PDIP misalkan, hubungan Ande Abdul Latief, ayah dari dokter Onasis, sudah terjalin baik sejak masa orde baru. Baik dari segi bisnis maupun lainnya hingga sekarang ini masih tetap terjalin dengan keluarga besar Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). 

Tidak heran, saat Istri Ande Abdul Latief, Rabiah Pakki Dg Masiga meninggal dunia, di Jakarta, Maret 2019 lalu. Ucapan bela sungkawa melalui karangan bunga dari Mba Mega, sapaan puteri dari presiden Indonesia pertama, Soekarno, pun terpajang pas di sisi kiri pintu masuk rumah duka.

Fakta lainnya, kakak kandung Dokter Onasis , almarhumah Defti Reskiwati Ande atau sering disapa Ella merupakan salah seorang staf Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK). Perempuan 45 tahun itu wafat ketika bertugas mendampingi Menko PMK Puan Maharani menghadiri rapat persiapan haji di Makkah saat itu.

Begitupun dengan Partai Nasdem. Keluarga besar Ande Abdul Latief ini pun memliki kedekatan cukup lama dengan Rusdi Masse (RMS), Ketua DPW Nasdem Sulsel sekarang ini.

Ande Abdul Latief merupakan salah seorang sosok berdirinya Partai Bintang Reformasi (PBR). Ia bersama almarhum KH Zainuddin MZ yang lekat sebutan Da’i Sejuta Umat saat 2002 lalu.

Dari situ, kedekatan RMS dengan keluarga besar Ande Abdul Latief terbangun hingga sekarang ini. Apalagi awal mula karier politik RMS dimulai sebagai anggota DPRD Sidrap melalui PBR. Itu setelah sukses sebagai pengusaha kapal kargo dan bisnis jasa ekspedisi di Jakarta. 

Akhirnya, dengan status ketua Partai PBR Sidrap, RMS mampu memenangkan Pilbup Sidrap 2008.

Bahkan, dari data yang diperoleh, Ande Abdul Latief pernah menjabat karateker Ketua DPW PBR Sulsel. Di mana saat itu, Syarifuddin Sudding yang menjabat Ketua DPW PBR Sulsel dinonaktifkan pada karena menolak mendukung Megawati Soekarnoputeri, padahal DPP PBR telah menjalin persekutuan dengan PDIP untuk memilih Megawati sebagai Pesiden RI pada Pilpres 2004.

Ande Abdul Latief merupakan pengusaha travel haji dan umroh terbesar di Sulsel di era 90-an hingga 2000 bernama PT Tiga Utama. 

Dokter Onasis tidak menampik fakta-fakta semua itu. Ia pun tidak ingin jumawa dalam hal ini. “Biarkan mengalir. Saya tetap fokus kerja urus masyarakat yang butuh saya obati di tempat praktek saya,” kata dokter onasis.

Meski demikian Onasis tak membantah jika sejumlah tokoh masayarakat, keluarga dan kerabat memintanya ikut bertarung. 

“Sudah banyak yang minta saya maju, ada tokoh masyarakat, keluarga dan kerabat bahkan pimpinan partai sudah hubungi saya, baik di daerah dan tingkat pusat. Tapi kita lihat saja kalau dorongan masyarakat tinggi tentu saya akan ambil bagian pada pilwalkot nanti”. Ujar dokter Onasis baru-baru ini. 

Sekedar diketahui, Onasis bukanlah seorang politisi melainkan profesinya hanyalah seorang dokter. Namun bukan berarti awam dalam perpolitikan baik tingkat lokal maupun nasional.(taq)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...