Sering Vertigo Bisa Memicu Stroke?


Gejala stroke hemoragik bisa serupa, tetapi sering kali disertai penurunan kesadaran, nyeri kepala hebat, kejang, dan muntah yang tidak didahului oleh mual.

Luar Biasa, Master Limbad Ternyata Bergelar Profesor

Pada vertigo, keluhan utamanya adalah pusing, terutama rasa sekeliling atau diri seperti berputar. Faktor penyebabnya beragam, tetapi secara umum dibagi menjadi vertigo perifer (diakibatkan adanya gangguan di telinga) dan vertigo sentral (akibat dari masalah pada sistem saraf pusat seperti otak).Pada vertigo sentral, keluhan umumnya muncul akibat masalah pada batang otak atau otak kecil (serebelum). Misalnya akibat berkurangnya asupan darah ke otak (stroke), adanya tumor pada otak, penyakit multiple sclerosis (MS), migrain, trauma pada otak, dan sebagainya.

Agung Hercules Idap Kanker Otak Stadium 4, Cepat Sembuh Ya!

Di antara keduanya, vertigo sentral umumnya memiliki tingkat keparahan yang lebih berat dibandingkan dengan vertigo perifer. Hal ini khususnya terjadi jika penyakit yang mendasari gejala vertigo tidak segera diatasi. Misalnya saja vertigo yang disebabkan oleh penyakit stroke. Kondisi tersebut merupakan gawat darurat medis, sehingga butuh pertolongan segera. (jpnn)

loading...
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Komentar

Loading...