Cek Diabetes, Mahasiswa Unhas Manfaatkan Data Mining

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Tiga mahasiswa Universitas Hasanuddin, melakukan penelitian menggunakan teknik data mining. Itu untuk menggali informasi berharga dari hasil rekam medis pasien Diabetes Melitus di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin.

Ketiga mahasiswa itu yakni Dewi Rahma Enteselaku (ketua), dan Samsul Arifin yang berasal dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta Andreza dari Fakultas Kedokteran Unhas.

Mereka adalah TIM PKM bidang Penelitian dengan judul penelitian “Klasifikasi Penyakit Diabetes Melitus Menggunakan Algoritma C4.5 Studi Kasus RS Unhas)”

Andreza menyebutkan, penelitian ini didanai oleh Ristekdikti di bawah bimbingan Sri Astuti Thamrin,S.Si.,M.Stat.,Ph.D selaku dosen di Fakultas MIPA.

"Pada penelitian ini, menggunakan pendekatan Decision Tree dengan Algoritma C4.5 untuk mengklasifikasikan data pasien kedalam tipe penyakit diabetes melitus," ujarnya, Selasa, 18 Juni 2019.

Ketua Tim Penelitian, Dewi Rahma Ente menjelaskan, alasan dibalik melakukan penelitian ini karena peningkatan jumlah penderita DM itu biasanya disebabkan oleh keterlambatan penegakan diagnosis penyakit tersebut.

Pasien sudah meninggal akibat komplikasi sebelum adanya penegakan diagnosis. Salah satu penyebab keterlambatan penegakan diagnosis adalah banyaknya faktor yang berpengaruh terhadap pilihan-pilihan yang ada atau beragamnya variabel.

Oleh karena itu, diperlukan suatu prediksi yang dapat menjadi alat bantu dalam menentukan apakah seseorang menderita penyakit DM atau tidak. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan, mulai dari bulan April hingga bulan Juni 2019.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...