FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Pelayanan haji dari tahun ke tahun semakin membaik. Menurut Direktur Layanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama (Kemenag), Sri Ilham Lubis, beberapa fasilitas dan layanan telah dipersiapkan bagi jemaah haji 1440 Hijriah/2019 Masehi dan perlu diketahui oleh tiap jemaah.
H+15 Lebaran, 1.556.408 Pemudik Gunakan Jalur Laut
Salah satu layanan yang tersedia di hotel atau penginapan Makkah adalah penyediaan air minum. “Selama ini kebanyakan jemaah berpikiran air minum ini melekat dengan pelayanan katering. Jadi hanya diperoleh pada saat diberikan bersama makanan. Padahal tidak, karena tiap hotel harus menyediakan air minum, dan ini terlepas dari fasilitas yang ada pada layanan katering. Jadi jemaah berhak meminta kepada pihak hotel kalau itu tidak tersedia,” tutur Sri Ilham, Selasa (18/6/2019).
Menurutnya, berdasarkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang ditetapkan, tiap jemaah berhak memperoleh satu liter air minum per jemaah per hari selama berada di penginapan Makkah. Pihak penginapan juga diminta menyediakan air zamzam yang ditempatkan pada dispenser.
Empat Proyek Jalan di Lura Dikerjakan September
Jemaah juga berhak mendapatkan fasilitas lain seperti handuk serta perlengkapan mandi. “Layanan yang belum banyak jemaah tahu adalah ganti seprai. Jemaah banyak yang mengira selama di Makkah, ya seprainya itu saja. Padahal ada tiga lembar seprai beserta sarung bantal yang tersedia bagi jemaah. Tinggal komunikasikan saja kepada pihak pengelola,” jelas Sri Ilham.