Mei, Ekspor Domestik Non-Minyak Singapura Turun

1 Komentar

FAJAR.CO.ID–Ekspor domestik non-minyak Singapura (NODX) turun 15,9 persen pada Mei, hal itu berdasarkan data dari agen perdagangan Enterprise Singapore, Senin (17/6).

Dikutip dari www.channelnewsasia.com, penurunan tersebut, karena penurunan tajam pengiriman ke Cina, sedikit lebih kecil dari penurunan 16,5 persen yang diprediksi oleh para ekonom dalam jajak pendapat Reuters, tetapi lebih dari 10 persen penurunan terlihat pada bulan April.

Pada basis yang disesuaikan secara musiman, ekspor naik 6,2 persen bulan ke bulan di bulan Mei, menyusul penurunan di bulan April sebesar 0,7 persen karena penurunan dalam produk elektronik dan non-elektronik.

Baik ekspor elektronik dan non-elektronik menurun, dengan pengiriman ke sebagian besar pasar top jatuh. Ekspor elektronik anjlok 31,4 persen pada Mei tahun-ke-tahun, di belakang kontraksi 16,3 persen pada bulan sebelumnya.

Sirkuit terpadu (IC), produk media disk, dan bagian IC yang dikontrak masing-masing sebesar 39,8 persen, 42,4 persen, dan 54,2 persen, memberikan kontribusi terbesar terhadap penurunan NODX elektronik.

Ekspor non-elektronik turun 10,8 persen tahun ke tahun di bulan Mei, setelah penurunan 8,0 persen di bulan sebelumnya.
Bagian peralatan teknik sipil (-92,4 persen), emas non-moneter (-72,4 persen) dan petrokimia (-14,7 persen) berkontribusi paling besar terhadap penurunan NODX non-elektronik.

Total perdagangan menurun sebesar 2,1 persen di bulan Mei pada basis tahun-ke-tahun, setelah pertumbuhan 3,2 persen di bulan sebelumnya. Secara keseluruhan, ekspor ke mayoritas pasar utama Singapura menurun pada bulan Mei, kecuali ke AS.
Kontributor terbesar terhadap penurunan NODX adalah Cina (-23,3 persen), Taiwan (-34,7 persen) dan Hong Kong (-24,8 persen). (eds)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...