Pelayaran Lintas Negara dari Kabupaten Polman ke Malaysia Segera Terwujud

Selasa, 18 Juni 2019 - 12:36 WIB

FAJAR.CO.ID,POLMAN–Pelayaran lintas negara dari Kabupaten Polman, Sulawesi Barat (Sulbar), Indonesia ke Lahad Datu, Malaysia nampaknya segera terwujud. Angkutan pelayaran yang akan menjadi pusat memuat Calon Tenaga Kerja Indonesia(CTKI) ke Negara Malaysia ini akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Silopo, Kecamatan Binuang menuju Pelabuhan Lahad Datu.

Hal ini diperkuat dengan adanya kunjungan resmi Ketua Yayasan Peduli Insan Nusantara (Yapinus) Firdaus Gigo selaku pemrakarsa kerja sama antara Kabupaten Polman dan Negara Malaysia dibidang tenaga Kerja.

Menurut Firdaus yang juga berfrofesi dari LSM Internasional yang berkedudukan di Jakarta mengaku, untuk kerjasama antara Kabupaten Polman dan Lahad Datu dibidang ketenaga kerjaan sudah tidak ada masalah. Kapal yang akan memberangkat CTKI ini pun selalu akan siap, termasuk perizinan pelayarannya di Kementrian Perhubungan juga tidak ada masalah.

”Semuanya sudah jadi dan siap, tinggal kesiapan Kabupaten Polman saja yang kita tunggu, sebab mereka harus menyiapkan semua mulai dari sarana chek up kesehatan bagi CTKI dan juga pelabuhanya,”katanya.

“Tidak ada masalah sekarang untuk pelayaran lintas Negara ini karna semuanya sudah siap mulai dari perizinan berlayar hingga perusahan diLahad Datu yang menerima tenaga kerja kita, semua sudah siap tinggal Polman aja yang harus menyiapkan semua sarana chek kesehatannya kalau semua sudah siap maka pelayaran lintas Negara ini akan beroprasi,”timpal Firdaus Gigo, Senin 17 Juni, siang tadi.

Ditempat yang sama, Bupati Polewali Mandar (Polman) Andi Ibrahim Masdar (AIM) saat berkunjung Ke RSUD Polman mengatakan, kunjugan yang kesekian kalinya Firdaus ini membawa angin segar bagi masyarakat Sulbar khususnya Polman. Pasalnya, dengan pelayaran lintas negara antara pelabuhan Tanjung Silopo dan Pemerintah Lahad Datu Malaysia segera akan terwujud. Sehingga atas kunjungannya ini, kita sengaja mengajak memantau RSUD Polman untuk melihat lihat keadaannya.

Karena mau tidak mau, kata Bupati Polman dua periode, RSUD ini akan kita buatkan ruangan khusus bagi CTKI untuk melakukan chek kesehatan. “Jadi bagi CTKI yang akan berangkat ke malaysia tidak perlu jauh lagi untuk melakukan chek kesehatan sebab di rumah sakit ini sengaja kita buatkan ruangan khusus dan sarananya pun sudah lengkap apa yang dibutuhkan,”ungkapnya.

Ia pun berharap dengan adanya kerja sama dengan Negara Malaysia ini warga Polman yang hendak bekerja tidak ada lagi melalui jalur ilegal, dan juga di Pelabuhan Tanjung Silopo nantinya sudah disiapkan ruangan untuk personil dari imigrasi, konsulat yang mengecek keabsahan dokumen CTKI. Pelayaran lintas negara ini akan menggunakan KM Catellya yang sudah dilaunching beberapa penggunaannya beberapa bulan lalu. (parepos/eds)