Transaksi Nontunai Naik Signifikan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Tren transaksi nontunai kian meningkat, termasuk pemakaian aplikasi pembayaran.

Aplikasi dompet digital DANA mencatat peningkatan transaksi yang signifikan, sepanjang Ramadan hingga musim mudik dan libur Lebaran tahun ini.

”Jika dibandingkan dengan transaksi bulanan biasanya bisa naik 36 persen,” kata Chief Communication Officer DANA, Chrisma Albandjar, Minggu (16/6).

6 Fakta Pencabulan Pimpinan Ponpes Terhadap Santri

Transaksi yang mendominasi selama Lebaran lalu, antara lain; belanja online, pembelian pulsa, food & beverage, pembayaran tagihan, pembelian tiket nonton, belanja fashion, dan transaksi di kegiatan pameran.

Selain itu, ada tren baru yang diminati masyarakat pada bulan Ramadan. Yakni, pemanfaatan DANA untuk membayar zakat dan berdonasi secara digital.

Putra Mantan Bupati Digadang-gadang Maju Pilkada Maros

Dalam hal ini, DANA sudah bermitra dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Dompet Dhuafa.

Yang menarik lainnya, aktivitas masyarakat untuk berbagi dan mengirim uang bagi keluarga pada momen Lebaran.

”Kami mencatat transaksi pengiriman uang meningkat signifikan pada saat libur Lebaran, yakni 37 persen jika dibandingkan dengan bulan-bulan biasa,” ungkapnya.

Alasan Tim Prabowo Ngotot Saksinya Dilindungi LPSK

Kemudian, dari sisi pelaku usaha, semakin banyak tempat belanja modern yang menggunakan DANA sebagai infrastruktur transaksi pembayaran digital.

Selain itu, para pelaku UMKM mulai merasakan manfaat transaksi nontunai digital dengan DANA.

”Dapat dikatakan dompet digital DANA turut memberdayakan dan menguatkan aktivitas ekonomi digital. Contohnya, para pedagang di pasar tradisional di Sleman, Jogjakarta,” sebutnya.

Memiriskan! TKW Indonesia Ditahan Majikan di Arab Saudi

Peningkatan transaksi nontunai juga terasa di pusat perbelanjaan. Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jatim Sutandi Purnomosidi menyatakan, kecenderungan pembayaran nontunai memang sudah lebih tinggi. Bahkan, jarang sekali ditemui pembelanjaan di mal-mal yang menggunakan uang tunai.

Cile Hajar Jepang 4-0 di Copa America

”Aplikasi pembayaran seperti OVO sudah sangat diterima masyarakat,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, tren di mal menunjukkan hampir 70 persen pembayaran sudah nontunai, baik menggunakan kartu kredit maupun aplikasi. Tren pembayaran nontunai terus meningkat setiap tahun.

”Tahun sebelumnya diperkirakan hanya 50 persen. Bahkan, kini bayar parkir pun bisa menggunakan aplikasi,” tandasnya. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...