Warga Terdampak Banjir Dua Kecamatan di Konawe Butuh MCK dan Air Bersih

Selasa, 18 Juni 2019 - 18:09 WIB

FAJAR.CO.ID, KONAWE – Warga Kecamatan Wonggeduku dan Pondidaha, Konawe, Sulawesi Tenggara merupakan daerah terdampak banjir paling luas saat ini membutuhkan air bersih dan Mandi Cuci Kakus (MCK).

Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara, yang meninjau kondisi warga akibat dampak banjir mengungkapkan, ada ribuan warga yang masih banyak membutuhkan air bersih dan MCK.

“Teman-teman media tadi sudah melihat sendiri bagaimana kondisi masyarakat kita di lokasi saat ini. Saya sendiri langsung temui mereka, ternyata sangat menyedihkan sekali kondisi mereka. Mereka mengeluh ke saya, kalau mereka itu sangat membutuhkan air bersih dan MCK,” ucap Gusli, Selasa (18/6/2019).

Mantan Ketua DPRD Konawe ini menambahkan pihaknya saat ini tengah mengambil langkah-langkah untuk mempersiapkan semua kebutuhan warga di dua kecamatan tersebut.

“Selain air bersih dan MCK, warga disana juga membutuhkan Genset, matras, selimut, dan kelambu,” jelasnya.

Selain itu, ribuan hektar sawah mereka yang siap panen juga ikut terendam air, sehingga bantuan berupa bibit dan pupuk segera diturunkan.

“Setelah pasca banjir, Pemerintah melalui Dinas Pertanian sesegera mungkin menurunkan bantuan bibit dan pupuk,” imbuhnya.

Tim Bantuan FTI UMI

Sore ini, Tim Relawan & Bantuan Kemanusiaan Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri UMI Makassar mengunjungi Desa Tapuwatu Kec Asera Konawe Utara, salah satu desa yang kondisinya sangat parah akibat banjir bandang, puluhan rumah hanyut

Salah satu rumah yang hanyut adalah milik mahasiswa teknik pertambangan angkatan 2017 FTI UMI atas nama Farid Wajedi, tim kami berkunjung dan juga menyerahkan bantuan dan santunan di lokasi pengungsian sekaligus mengabadikan situasi terkini di lokasim (*/Aci)