647 CJH Gowa Ikuti Bimbingan Manasik Haji

Rabu, 19 Juni 2019 - 21:01 WIB
IST

FAJAR.CO.ID, SUNGGUMINASA — Sebanyak 647 Calon Jemaah haji Kabupaten Gowa mengikuti bimbingan manasik haji terpadu di Gedung D’Bollo Jalan Tumanurung Sungguminasa, Rabu, 19 Juni.

Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Gowa, Adliah mengungkapkan, jumlah Calon Jamaah Haji yang akan mengikuti manasik haji 2019 ini sebanyak 647 orang.

“Alhamdulillah yang ikut bimbingan sebanyak 647 jamaah yang merupakan Pendaftar Oktober sampai Desember 2009 yang berasal dari 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Gowa,” ujarnya.

Adliah juga menyampaikan bahwa bimbingan yang digelar selama dua hari tersebut untuk memberikan pengetahuan kepada para CJH terkait pelaksanaan ibadah haji.

“Tujuannya untuk memberikan pengetahuan awal tentang ibadah haji dan pembekalan akhir di manasik haji. Harapan mudah-mudahan jamaah haji yang tiga kali keberangkatan sehat untuk melaksanakan hajinya dan insya allah pulang dengan selamat dan mendapat predikat haji mabrur,” harapnya.

Sementara itu, mewakili Bupati Gowa, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Muchlis, dalam sambutannya juga berharap agar jamaah haji asal Gowa bisa fokus melaksanakan ibadah haji.

“Jangan samapi hanya karena ole-ole yang ingin kita bawa pulang kita tidak jadi haji mabrur. Harus bisa dipilah polah mana yang sunnah mana yang wajib karena banyak juga yang kadamg mengutamakan sunnah dibandingkan yang wajib,” ujarnya.

Selain itu, Muchlis juga berharap sebanyak 647 jamaah haji Kabupaten Gowa bisa bisa menjadi haji yang mabrur dan selamat sampai tanah air.

“Semoga 647 orang yang berangkat berkualitas dan ini akan menjadi modal SDM bagi Kabupaten Gowa yang siap untuk membangun gowa di sektor keagamaan dan ini akan menjadi potensi besar bagi kabupaten Gowa,” tambahnya. (ica)