Anda Perokok, 6 Makanan Ini Sangat Baik untuk Kesehatan Paru-Paru

Rabu, 19 Juni 2019 - 07:38 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), bronkitis, hingga kanker paru merupakan jenis penyakit yang bisa terjadi akibat rokok.

Nah, dilansir laman Popular-world.com dari manipalhospital.com, ada beberapa jenis makanan yang disebut baik untuk kesehatan paru-paru, bahkan bisa membersihkannya dari pengaruh rokok. Apa saja?

1. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa membantu menghilangkan racun dari saluran pernapasan. Mengandung banyak vitamin dan mineral, jahe juga tinggi kandungan kalium, magnesium, beta-karoten, dan seng.

Teh jahe untuk kesehatan paru-paru. (Shutterstock)

Ekstrak jahe bahkan disebut-sebut mampu membunuh sel kanker. Konsumsi jahe bisa dilakukan dengan menggunakannya sebagai bumbu masak, atau minuman dalam bentuk air jahe.

2. Kunyit

Kunyit si rempah-rempah istimewa disebut bisa membersihkan paru-paru karena memiliki sifat anti-inflamasi. Tak hanya digunakan sebagai bumbu masakan, kunyit juga kerap digunakan sebagai obat herbal.

Selain dapat meredakan nyeri haid, kunyit asam menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain dapat meredakan nyeri haid, kunyit asam baik untuk kesehatan paru-paru. (Shutterstock)

3. Apel

Satu apel setiap hari menjauhkan diri dari kunjungan dokter. Pepatah lama ini ada benarnya, karena apel mengandung flavonoid, vitamin C, hingga antioksidan yang penting untuk menangkal radikal bebas.

4. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa yang disebut allicin, yang bertindak sebagai agen antibiotik yang kuat dan membantu mengatasi infeksi pernapasan yang menyumbat paru-paru kita.

Bawang Putih baik untuk kesehatan paru-paru (Shutterstock)

Bawang putih juga membantu mengurangi peradangan, meningkatkan asma dan mengurangi risiko kanker paru-paru.

5. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan kuat yang berperan dalam meningkatkan kesehatan kardiovaskular, melindungi terhadap berbagai kanker dan menghilangkan cairan dari paru-paru kita.

Manfat teh hijau untuk kesehatan paru-paru. ( Shutterstock )

Rempah-rempah yang ada dalam teh hijau membantu melonggarkan lendir dari lapisan paru-paru kita dan bersifat antimikroba.

6. Sayuran Hijau

Klorofil yang terkandung dalam sayuran bertindak sebagai detoksifikasi dan membantu menyaring darah dan membuang racun dari tubuh kita.

Beberapa contoh sayuran silangan termasuk brokoli, kembang kol, kol, dan kecambah. Sayuran hijau juga kaya akan vitamin C, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. (*/jpg)