Idolakan Valentino Rossi, Bercita-cita ke Grand Prix

Rabu, 19 Juni 2019 - 07:20 WIB
PRESTASI INTERNASIONAL. Pembalap asal Kabupaten Wajo, Andi Muhammad Fadly mencetak segudang prestasi di dunia lintas sirkuit hingga level internasional. (Foto Handover)

Kegesitan Rossi di setiap tikungan menginspirasi Andi Muhammad Fadly. Kejuaraan road race di berbagai negara telah dijajalnya. April lalu, juara di level AP 250 ARRC Australia.

Laporan: Iman Setiawan Panguriseng, Wajo

Awalnya hanya hobi balapan sepeda. Sekarang sudah menunggangi motor 600cc. Cita-citanya ingin memacu gas di sirkuit grand prix motor dunia, MotoGP.
Namanya Andi Muhammad Fadly. Pria asal Kabupaten Wajo ini, bakal mengikuti balapan kelas AP 250 Asia Road Racing Championship (ARRC) di Negeri Sakura, Jepang.

Ia pun bertekad kembali mengibarkan bendera Merah Putih di kancah internasional nantinya, bersama tim Manual Tech KYT Kawasaki Indonesia.
“Sekarang lagi fokus latihan untuk balapan Minggu depan di Jepang,” ujarnya kepada FAJAR, Selasa, 18 Juni.
Pria kelahiran Kota Makassar, 4 April 2000 itu penuh percaya diri dengan segudang prestasi yang menonjol. Anak pasangan Andi Agussaliem dan Andi Irmayani ini merasa yakin bisa juara.

“Alhamdulillah, mulai dari tingkat daerah, provinsi, nasional, dan internasional sudah kita raih,” imbuhnya. Fadly mengaku, awalnya hanya senang balapan sepeda di kediaman orang tuanya di Kecamatan Tempe, Sengkang. Seiring berjalannya waktu, hobinya berlanjut ke sepeda motor.
“Waktu bawa motor, orang tua melihat saya ada bakat buat balap. Akhirnya dimasukkan arena balapan motor road race,” akunya.

Sejak itu, berbagai prestasi telah dicetaknya. Kariernya di sirkuit mulai bersinar pada 2014 lalu. Dia berhasil meraih empat kemenangan kala itu.
“Juara satu Underbone 125cc region 2 di Pulau Jawa, juara umum Honda Racing Champion Underbone 110/125cc, juara umum IRS Honda CBR 150R, juara tiga Honda CBR 150 Motegi Jepang,” tuturnya.

Terlebih saat mulai bergabung dengan tim Manual Tech KYT Kawasaki Indonesia 2015 lalu, prestasi demi prestasi dicetaknya hingga tahun 2019.
Sejak bergabung dengan tim tersebut, kejuaraan Asia Road Racing Championship (ARRC) dengan level berbeda, telah diraih sebanyak delapan kali di berbagai negara. Mulai dari Jepang, India, Indonesia, Thailand, Malaysia hingga Australia.

“Terakhir, April 2019 ini saya juara satu di level AP 250 ARRC di Australia,” urainya. Anak kedua dari empat bersaudara ini mengidolakan seorang pembalap di kejuaraan grandprix motor dunia dari Italia, Valentino Rossi.

“Dari kecil saya suka pembalap bernomor 46 itu. Dia sangat gesit di tikungan. Saya berharap bisa mengikuti jejaknya naik ke level Moto GP,” harapnya.
Semua prestasinya itu telah berbuah manis. Prestasinya itu ternyata dipantau banyak tim dari luar Indonesia. Hanya saja Fadly, belum ingin membocorkan hal tersebut.

“Sekarang belum bisa ngomong, yang harus saya pikirkan menyapu semua kejuaraan bersama Kawasaki Indonesia,” tutupnya. (*)