Kapal Perintis untuk Warga Pulau Kembali Beroperasi

Rabu, 19 Juni 2019 - 21:51 WIB
Kapal perintis untuk warga di Kecamatan Liukang Tangaya akhirnya kembali beroperasi. (Foto: Saqina/FAJAR)

* Rute Lombok-Tangaya-Makassar

FAJAR.CO.ID,PANGKEP- Kapal perintis untuk warga di Kecamatan Liukang Tangaya akhirnya kembali beroperasi.

Kepala Bidang Lalu Lintas Laut Dinas Perhubungan Kabupaten Pangkep, Faisal menyampaikan bahwa, kapal perintis yang melayani warga Liukang Tangaya itu menggunakan KM Citra Baru I merupakan pengganti dari kapal perintis dulunya beroperasi yaitu KM Papua Dua.

“Hanya saja untuk kapal perintis ini tujuan Makassar. Belum ada tujuan ke Pangkep. Ini yang membedakan dari kapal perintis sebelumnya yang bisa merapat ke Maccini Baji,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa, kapal perintis ini resmi beroperasi Rabu, 19 Juni dari Pelabuhan Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) menuju Pulau Sailus, kemudian Pulau Sapuka selanjutnya Pulau Balo-baloang dan ke Pelabuhan Paotere Makassar.

Baca Juga: Awasi Pulau-pulau di Pangkep, Kapal Speed Boat Kejari Siap Jelajahi 114 Pulau

“Kapal ini juga merupakan kapal pengganti dari KM Adi Nusantara yang sebelumnya diusulkan,” katanya.

Salah seorang warga Pulau Sapuka, Ramli mengaku sangat terbantu dengan hadirnya kembali kapal perintis untuk warga Kecamatan Liukang Tangaya.

Baca Juga: Kembangkan Wisata Bahari, Pemda Pangkep Siapkan Pulau Camba-cambang Jadi Gerbang Spermonde

“Tentu kita sangat bersyukur akhirnya kapal perintis kembali beroperasi. Sehingga sangat membantu masyarakat nantinya. Tidak susah lagi untuk berangkat dan kembali ke pulau,” ujarnya.(fit/aci)