PADI: Siapa Aktor Utama Kerusuhan 21-22 Mei?

Rabu, 19 Juni 2019 - 07:41 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Hingga kini belum diketahui siapa sebenarnya aktor utama kerusuhan 21 – 22 Mei 2019, yang diduga bertujuan melakukan makar. Pengungkapan aktor utama ini penting agar tidak menimbulkan tanda tanya.

Direktur Eksekutif Partnership for Advancing Democracy and Integrity (PADI), M. Zuhdan menjelaskan, kasus dugaan makar ini harus dibuka secara utuh. Jangan hanya sepotong-sepotong karena akan menimbulkan banyak kecurigaan. ”Maka aktor utamanya harus jelas, siapa,” paparnya.

Alasan BW Sebut KPU Inkonsisten

Dengan begitu masyarakat akan bisa bersikap atas kasus tersebut. Jangan sampai ketidakterbukaan justru membuat masyarakat ragu akan kasus tersebut. ”Semua sudah mengetahui banyak informasi simpang siur terkait kasus ini,” terangnya.

Yang juga penting, kasus tersebut tentunya harus sampai ke pengadilan. Sehingga, semua nada miring terkait kasus ini bisa hilang. Karena dengan pengadilan akan diketahui benarkah dugaan polisi selama ini. ”Kuncinya di pengadilan dengan vonisnya,” paparnya.

Juan Mata Batal Tinggalkan MU, Dapat Perpanjangan Kontrak 3 Tahun

Dalam pengadilan itu, juga masyarakat akan mengetahui secara utuh kasus tersebut. Bukan semata satu versi yang selama ini muncul. ”Semakin cepat sampai pengadilan akan semakin membuat masyarakat mempercayai fakta hukum kasus makar,” jelasnya.

Dia berharap, jangan sampai kasus ini hanya gembar-gembor di awal, namun justru tidak sampai ke meja hijau. Kondisi semacam itu bisa sangat mempengaruhi citra kepolisian. ”Harus sampai akhir,” terangnya.

Puan Pimpin Senayan, Ini Simulasi Pembagian Jabatan di DPR ala Fahri Hamzah

Sementara Kabagpenum Divhumas Polri. Kombes Asep Adi Saputra mengatakan, aktor utama sedang didalami dengan memeriksa sejumlah saksi. ”Belum selesai semua itu,” terangnya di kantor Divhumas Polri.

Saat ini Polri akan memanggil sejumlah pihak untuk mengklarifikasi sejumlah bukti yang didapatkan penyidik. Dengan begitu bila ada indikasi terkait aktor utama, semua akan diketahui. ”Pemeriksaan dulu dong,” ujarnya.

6 Makanan Ini Sangat Baik untuk Kesehatan Paru-Paru

Polisi akan mengedepankan fakta hukum yang ditemukan. Tentunya semua informasi yang ada akan digali lebih dalam. ”Kalau ada informasi dari masyarakat, kami akan terima dan kaji,” papar polisi dengan tiga melati di pundak.

Sebelumnya, Polri menangguhkan penahanan terhadap 100 orang tersangka kasus kerusuhan 22 Mei. 100 tersangka itu ditangguhkan dengan berbagai pertimbangan, salah satunya karena kadar keterlibatannya dalam kasus itu tidak besar. (jpnn)