Ingin Turunkan Berat Badan, Cobalah Minum Jus Seledri

Kamis, 20 Juni 2019 - 10:34 WIB
YOUVIT Nutrition Specialist Rachel Olsen. (Instagram)

FAJAR.CO.ID–Berusaha keras untuk mendapatkan berat badan ideal, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Dari mulai olahraga, mengurangi porsi makan, sedot lemak, hingga minum obat-obatan. Cobalah dengan cara alami dengan rutin minum jus seledri.

YOUVIT Nutrition Specialist Rachel Olsen menjelaskan minum jus seledri bukan sekadar tren atau, tetapi memang faktanya bisa meningkatkan kesehatan. Bagi yang ingin menurunkan berat badan, seledri efektif menghancurkan lemak.

“Cobalah seledri, bukan hype, itu bener fakta. Seledri dapat membantu hati memproduksi cariran empedu yang membantu mencerna lemak dalam usus,” katanya, Kamis (20/6).

Menurutnya, minum jus seledri bisa efektif jika diminum dalam kondisi perut yang kosong di pagi hari. Hal itu juga berlaku untuk semua jus yang lebih diminum pagi saat perut kosong.

“Karena itu akan menguatkan lambung dan meningkat penyerapan vitamin dan mineral dalam jus,” ujarnya.

Rachel menambahkan khasiat minum jus seledri baru akan terlihat selama 1 bulan. Itu pun harus diminum secara rutin.

“Minum 1 gelas seledri jus 3 kali seminggu. Nantikan selama 1 bulan untuk mendapatkan efek yang maksimal,” jelasnya.

Senada dengan Rachel, dilansir dari Daily Mail, Kamis (20/6), Ahli Diet dari Australia Leanne Ward menegaskan manfaat jus seledri bukan sekadar hype tetapi fakta. Leanne mengatakan jus seledri penuh vitamin.

Seledri dikemas penuh dengan nutrisi seperti vitamin A, K, C dan B serta kalsium, zat besi, magnesium, kalium, folat dan fosfor. Seledri juga bisa menghidrasi, sumber antioksidan yang baik, kaya akan serat dan dapat membantu mengurangi retensi air dalam tubuh.

“Seledri bisa menghidrasi ketika orang-orang tak cukup cairan sepanjang hari,” ungkap Leanne.

Leanne menjelaskan seledri juga merupakan sumber antioksidan yang baik dan dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Bahkan bisa kaya akan serat, tetapi tergantung pada bagaimana membuatnya.

“Satu cangkir jus seledri menyediakan sekitar 4 gram serat, yang dapat membantu mengontrol glukosa darah, kadar kolesterol darah dan rasa kenyang (perasaan kenyang). Untuk orang dewasa yang sehat, kami sarankan mereka mencapai 25-30 gram serat setiap hari, jadi beberapa cangkir jus seledri bisa membantu,” ungkapnya.

Namun ia menegskan, jus seledri bukan penawar penyakit bagi tubuh. Sehingga, anggapan jus seledri akan membantu mengatasi penyakit adalah keliru. Saat ini tidak ada bukti pada manusia yang menghubungkan konsumsi jus seledri dengan peningkatan penyembuhan penyakit.

“Jus seledri mengandung antioksidan dan phytochemical yang menurut penelitian dapat mengurangi peradangan, tetapi tidak ada penelitian pada manusia yang membuktikan ini secara langsung berkaitan dengan penyembuhan usus,” ungkapnya. (jp)