Kabupaten Termuda di Sulbar, Genjot Infrastruktur dan Tingkatkan PAD

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,TOBADAK–Sebagai kabupaten termuda di Sulbar, Mamuju Tengah (Mateng) mencatatkan capaian pembangunan membanggakan. Selain infrastruktur yang terus digenjot, pendapatan asli daerah (PAD) juga meningkat pesat.

Sekretaris Daerah Mateng, Askary menyampaikan sejak enam tahun berdiri di mana empat tahun terakhir dipimpin oleh kepala daerah definitif pasangan Aras Tammauni-HM Amin Jasa, daerahnya mencatatkan PAD sudah mencapai kisaran Rp50 miliar.

“Itu sudah hampir sama PAD kabupaten induk (Mamuju) di kisaran Rp60 miliar. Padahal kami berangkat dari target PAD hanya Rp5 miliar di tahun pertama,” kata Askary, siang tadi. Jumlah itu paling kecil di Sulbar saat itu, lalu secara bertahap kemudian meningkat Rp20 miliar di tahun berikutnya, hingga saat ini mencapai kisaran Rp50 miliar lebih.

“Terbesar dari sektor PBB (pajak bumi dan bangunan) dan usaha restoran. Mudah-mudahan kita juga bisa kembangkan melalui intensifikasi pajak. Sektor jasa perumahan juga meningkat,” katanya. Hal senada disampaikan Wakil Bupati Mamuju Tengah, HM Amin Jasa. Secara umum, dia menyampaikan capaian itu bisa terealisasi karena harmonisasi pimpinan baik itu bupati, eabup, sekda dan jajaran OPD.

“Termasuk hubungan eksekutif, legislatif dan peran serta masyarakat. Ini yang kita harap terus ditingkatkan,” kata Amin Jasa. (nur)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...