Rektor UNM Cetuskan Pulau Binaan di Lokasi Ini

Kamis, 20 Juni 2019 - 18:01 WIB
IST

FAJAR.CO.ID, PANGKAJENE — Rombongan Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan kunjungan kerja dan supervisi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler dan Terpadu tahun 2019 di Kabupaten Pangkejene Kepulauan (Pangkep). Pangkajene, Kamis (20/6/2019).

Rektor UNM, Prof Husain Syam, memimpin rombongan kampus borlogo perahu pinisi tersebut, mereka disambut Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana, sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD), serta pegawai pemerintah daerah (pemkab) Kabupaten Pangkep, melalui prosesi adat, ‘anggaru’ dan ‘tari paduppa’.

Kedatangan rombongan UNM, bukan semata dalam rangka supervisi KKN di kabupaten yang terkenal sebagai penghasil Ikan bandeng tersebut. Dalam kunjungan itu pula, pihak UNM dan Pemda Pangkep sedang menjajaki kerjasama dibidang peningkatan SDM dan pendidikan di masa-masa mendatang.

“Terimakasih atas kehadiran di Kabupaten ini, menata kabupaten ini tergolong berat. Kita memiliki wilayah yang teramat luas dan sebagian besar kepulauan, untuk itu kita butuhkan dukungan banyak pihak, termasuk pula pihak UNM,” jelas Syhaban Sammana, Wakil Bupati Pangkep.

Mahasiswwa KKN UNM 2019 di Kabupaten Pangkep terdapat sebanyak 446 orang yang terbagi atas 337 mahasiswa peserta KKN Reguler dan 109 mahasiswa peserta KKN Terpadu.

KKN Reguler tersebar di 20 Desa dan Kelurahan di tiga Kecamatan di Pangkep, yakni Bungoro, Tondong Tallasa dan Pangkejene, dengan kegiatan pengabdian, terutama bidang pendidikan, pelatihan dan pendampingan dan menggandeng Yayasan Kajian Pemberdayaan Masyarakat (YKPM).

Selain itu, terdapat 109 peserta Mahasiswa KKN terpadu yang mengabdi dan berkegiatan di sekolah, mereka tersebar di puluhan SMA, lima SMK serta sanggar belajar.

“Mengakselerasi pembangunan di kabupaten Pangkep ini tantangannya luar biasa, kita memahami itu, kita ingin bersinergi dan menyentuh pendidikan terutama di pulau-pulau,” jelas Husain syam.

Iapun mencetuskan, pihak UNM akan segera menggodok program ‘Pulau Binaan’, dengan menyasar masyarakat pesisir dan kepulauan Pangkep.

“UNM dan sinergi Pemda Kabupaten Pangkep dapat membuat kegiatan yang berkontribusi bagi masyarakat pesisir dan masyarakat kepulauan, semacam Pulau binaan UNM. Tapi pada intinya UNM senantiasa memberi perhatian dan sentuhan kepada kabupaten ini,” demikian Husain, yang juga Guru Besar Bidang Teknologi Pertanian itu. (rls)