Tahun 2020, RPH Makassar Jadi UPTD

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar sementara menggodok penyusunan pengambilalihan aset Rumah Potong Hewan (RPH) dari Perusda ke Pemkot. Targetnya tahun 2020 RPH dalam bentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD).

Hal itu bukan tanpa alasan. Peralihan aset tersebut untuk membantu pengembangan RPH dan pembenahan sistem di dalamnya.

Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar, Evy Aprialti menjelaskan, bantuan-bantuan tidak bisa diberikan dalam bentuk Perusda. Makanya akan dialihkan menjadi UPTD nantinya.

Kondisi RPH Kota Makassar, sangat memperihatinkan. Perlu perbaikan dari sisi sarana dan prasarana. Serta sistem pemotongan yang perlu perbaikan.

“Ada banyak potensi bantuan yang bisa masuk ke RPH. Salah satunya dari Dinas Peternakan tingkat 1. Juga dari pihak Australia. Makanya perlu percepatan peralihan,” kata Evy, Kamis (20/6/2019).

Namun demikian, Evy bilang, Perusda yang menangani RPH tetap akan dilibatkan dalam pengelolaan RPH. Akan bersinergi dan bersama-sama Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar melalui bidang peternakan.

“Aspek teknis, sosial, dan ekonomis sudah kita siapkan. Kita akan sampaikan nanti saat rapat bersama di DPRD,” tandasnya. (smd)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...