Iran Tembak Jatuh Drone Mata-mata AS

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, TEHERAN–Iran menjatuhkan drone AS. Ini menjadi eskalasi terbaru yang telah menimbulkan kekhawatiran perang habis-habisan, meskipun Presiden AS, Donald Trump menyerukan pembicaraan.

Dilansir channelnewsasia, Jumat, 21 Juni, pihak berwenang terkait mengkonfirmasi bahwa Iran menembak jatuh pesawat mata-mata AS. Washington bersikeras drone itu berada di perairan internasional di atas Selat Hormuz yang strategis, tetapi Teheran mengatakan bahwa pesawat itu melanggar wilayah udara.

Balas Serangan Houthi, Saudi Ancam Iran

Pertikaian antara Iran dan AS semakin meningkat terkait dengan kampanye “tekanan maksimum” Trump, di mana Amerika Serikat telah berusaha melumpuhkan ekonomi Iran dan mengurangi peran regionalnya.

Trump, yang berulang kali mengatakan dia tidak menginginkan perang, menawarkan pesan campuran atas pesawat tak berawak itu, memperingatkan bahwa Iran “membuat kesalahan yang sangat besar”.

Jong-un dan Xi Jingping Sepakat Tingkatkan Kerja Sama

Behnam Ben Taleblu, seorang rekan senior di Yayasan Pertahanan Demokrasi, yang mengadvokasi garis keras mengenai Iran, mengatakan, ia mengharapkan eskalasi lebih lanjut oleh Teheran “sampai diberi insentif untuk tidak melakukannya.”

“Iran kemungkinan telah menghitung bahwa Amerika tidak akan menanggapi apa pun selain sanksi, tetapi dapat berubah dari waktu ke waktu jika eskalasi Iran dianggap sangat mengerikan,” katanya.

Amerika Serikat juga menyalahkan Iran atas serangkaian serangan terhadap kapal tanker minyak di Timur Tengah, meskipun rezim klerus telah membantah bertanggung jawab.

Menlu AS Tak Ingin Perang Melawan Iran

Ben Taleblu mengatakan, Iran memiliki tujuan politik yang lebih luas dengan tindakannya tetapi bisa mundur menghadapi sikap AS yang lebih keras atau “respons terukur.”

“Eskalasi juga dirancang untuk menaikkan biaya kegigihan kepada administrasi Trump dan untuk menggoda Washington menjadi diplomasi prematur dan sanksi yang dipermudah,” katanya. (bs)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...