Jangan Apriori dan Subjektif Menilai Kinerja Gubernur Sulsel

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Direktur Eksekutif Forum Pemerhati Masalah Sosial Politik dan Kemasyarakatan (Forsospolmas) Sulsel, MS Baso DN menegaskan, sangat prematur dan subjektif jika menilai kinerja Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah tidak berkinerja.

Padahal menurut dia, program kerja pemerintahan memiliki berbagai tahapan mekanisme dan perencanaan.

“Saya kira kita tidak boleh apriori terhadap seorang pemimpin, apalagi memberikan sebuah penilaian subjektif, tanpa memahami dan mengetahui duduk persoalan yang sebenarnya terjadi,” tegas Baso DN.

Menurut Baso, seorang pemimpin tentu memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda-beda.

Dan tentu saja, apa yang menjadi visi dan misi serta program kerja yang dijanjikan kepada masyarakat pada saat masih menjadi calon Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Hal ini sesungguhnya harus dipahami oleh seluruh aparatur pemerintahan bahwa yang dibutuhkan adalah bagaimana seluruh program kerja dari Gubernur saat ini harus didukung direspon secara cepat dan tepat demi kepentingan masyarakat dan realisasi dari program kerja itu sendiri,” jelasnya.

“Setiap pemimpin pasti punya gaya yang pasti harus memilih bawahan yang mampu menerjemahkan keinginan dan program kerja gubernur serta harus loyal,” tegas Baso.

Oleh karena itu, ia menegaskan, semua kalangan harus memberikan waktu dan kesempatan kepada Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman untuk melakukan berbagai kebijakan dalam merealisasikan apa yang menjadi visi-misi dan program kerja yang telah dijanjikan kepada masyarakat.

“Siapapun pemimpin pasti melakukan hal yang sama, jika ada aparaturnya tidak mampu bekerja sesuai apa yang menjadi program kerja dari pemimpinnya, apalagi jika bawahan tersebut tidak mampu mengikuti ‘irama’ sang pemimpin,“ jelas Baso. (taq)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...