Kelurahan Bitowa Launching Gerakan Makassar Sabtu Bersih

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Gerakan Makassar (GEMA) "SABTU BERSIH" oleh Pemerintah Kota Makassar dengan Branding Clean, Comfort,  And Continuity Makassar Green City menjadi inspirasi tersendiri bagi para stakeholder Kelurahan Bitowa untuk memasifkan dan menggerakkan partisipasi masyarakat di tingkat RT/RW.

Pada Launching Program Gema Sabtu Bersih di Kelurahan Bitowa Kecamatan Manggala, dipilih Kompleks Perumahan Delta Mas I yang merupakan wilayah administrasi RT 03 dan RT 04 RW 06 sebagai lokasi kerja bakti.

"Alasan mendasar memilih lokasi kompleks sebagai lokasi Launching gerakan ini adalah dengan kegiatan Gema Sabtu Bersih ini kami ingin mengubah kesan sibuk dan kurangnya komunikasi dan interaksi antar warga dan pemerintah setempat bagi yang tinggal di lokasi kompleks perumahan," ujar Lurah Bitowa, Suryadi Yamin.

Suryadi menambahkan, selama pelaksanaan kegiatan respons dari warga sangat positif. Saat Ketua RT  mengajak warganya melalui mikrofon masjid, satu per satu warganya keluar rumah dan tak sedikit warga yang langsung menyuguhkan makanan dan minuman di depan rumah mereka bagi yang hadir kerja bakti.

Sebutlah, Dr Muhammad Firdaus MBA yang saat ini menjabat Kepala Pusat Promosi Inovasi dan Pengembangan Kapasitas LAN Makassar. Dia ikut bekerja bakti dan menyuguhkan makanan dan minuman. Begitu pula dengan Dr Hadriana, Widyaswara di Balai Diklat Pemprov Sulsel. Ibu ini juga menjamu mereka yang kerja bakti.

Sementara itu, Ketua LPM Bitowa, Suyuti Syam, Ketua RW 06, M Aris SP, Ketua RT 03, Muhammad Daif,  Ketua RT 04, Syahruddin, dengan intens bersosialisasi di grup warga mengenai rencana kerja bakti.

Gema Sabtu Bersih, secara terpadu diikuti oleh stakeholder kelurahan,  yakni LPM, Lurah,  PKK,  Ketua RT/RW, Satgas Swakelola Kelurahan, Petugas Kebersihan dan warga kompleks Delta Mas I dan turut dihadiri oleh Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Manggala.

“Semoga ikhtiar menjadikan Makassar sebagai Kota Hijau,  dengan indikator kebersihan wilayah,  kenyamanan warga dalam berinteraksi dan berbaur dengan masyarakat sekitar dan keberlanjutan aksi ini dapat terwujud dengan memasifkan gerakan ini di seluruh wilayah Kota Makassar,  terkhusus di Kelurahan Bitowa Kecamatan Manggala,” tutupnya. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...