Menghapus Tato dengan Doa

Sabtu, 22 Juni 2019 - 21:10 WIB
VIDEO: IDHAM AMA/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sinar laser berwarna merah merajah pigmen kulit Kamaluddin, meretas gumpalan tinta tato di bawah kulit punggungnya.

Memang butuh tekad yang besar bagi seseorang untuk memutuskan menghapus tato di tubuh. Sebab, menghapus tato tidak semudah memutuskan untuk menato diri.

Project Dakwah, Bank Muamalat, Majelis Kopi, dan Masyarakat Hijrah Tanpa Nama (MaHTan) menginisiasi kegiatan sosial Makassar Hapus Tato.

Makassar Hapus Tato dibuka tanpa biaya pendaftaran atau gratis. Bagi yang ingin ikut serta cukup memenuhi persyaratan menghafal Alquran surah Ar Rahman, dari ayat satu sampai sepuluh.

Kegiatan Makassar Hapus Tato dilaksanakan Sabtu-Ahad, 22-23 Juni 2019 di dua tempat, Sabtu di markas Mahtan di jalan Swadaya, dan Ahad di Masjid Raya Bukit Baruga Antang.

Tinta tato memang tidak bisa hilang secara instan. Butuh minimal empat hingga 10 proses penghilangan untuk mencapai tingkat 100 persen bebas dari tinta tato.

Menghapus tato membuat Kamaluddin lebih optimistis menata hidup. “Saya hanya ingin lahir bersih dan saat dimandikan pun (meninggal) dalam keadaan bersih juga,” ujar Kamaluddin pria asal Mamuju, Sulawesi Barat. (ama/sam)