Festival Gendang dan Kecapi Ramaikan Taman Wisata Bantimurung

Minggu, 23 Juni 2019 - 19:34 WIB

FAJAR.CO.ID,MAROS– Festival gendang dan kecapi digelar dalam kawasan Wisata Alam Bantimurung, Minggu, 23 Juni.

Kegiatan yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Maros ini diikuti sekitar 60 peserta dari berbagai sanggar seni serta sekolah di Kabupaten Maros. Festival ini cukup memukau ribuan pengunjung yang memadati objek wisata Bantimurung.

Panitia, Muhammad Ridwan mengatakan lomba ini diikuti sekitar 60-an peserta. Selain penampilan solo, lomba ini juga diikuti kelompok, baik gendang maupun kecapi.

Pelantikan Dewan Maros Habiskan Rp1,5 Miliar

“Kita sengaja gelar di kawasan wisata alam Bantimurung karena untuk menghibur para pengunjung. Juga sebagai upaya melestarikan kebudayaan leluhur yang sudah hampir punah,” jelasnya.

Untuk jurinya, kata dia, dihadirkan dari fakultas Kesenian dan Budaya UNM. “Jadi ada beberapa kriteria penilaian, selain penampilannya. Kita juga menilai dari sisi kostum dan juga ekspresi mereka,” katanya.

Miliki Dua Saset Sabu-sabu, Warga Tallo Diamankan Res Narkoba Polres Maros

Panitia pun menyiapkan berbagai hadiah menarik berupa piala dan uang pembinaan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Maros, Muh Ferdiansyah mengatakan, festival ini sengaja digelar untuk meningkatkan dan melestarikan kesenian tradisional serta meningkatkan sadar wisata yang ada di Kabupaten Maros.

Disbudpar Maros Pelatihan Pemandu Wisata Ekowisata, Diikuti 40 Peserta

“Momentum ini membuktikan akan semakin banyak agenda pariwisata dan destinasi baru yang akan dikenalkan untuk wisatawan dalam negeri dan luar negeri,” jelasnya.

Salah satu peserta kecapi dari SD Unggulan, Asizah mengaku belajar bermain kecapi dari sekolahnya.

“Saya belajar main kecapi sejak masih kelas 3 SD sampai sekarang dan sudah sering tampil,” akunya. (rin)