3 Jus Buah yang Bisa Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

FAJAR.CO.ID--Kebiasaan makan yang tidak sehat, jam kerja yang panjang, dan stres adalah beberapa faktor gaya hidup yang bisa menyebabkan penyakit. Salah satunya adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Hipertensi berkembang ketika darah memaksakan kekuatan yang lebih besar pada dinding arteri sehingga terjadi peningkatan tekanan darah yang melebihi kisaran batas atas 140/90 mmHg.

Pakar Kesehatan dari Texas Amerika Serikat Janet Hurley menjelaskan tekanan darah tinggi seringkali tidak menunjukkan gejala. Penderita biasanya tidak tahu bagaimana tekanan darah mereka hanya berdasarkan pada apa yang dirasakan.

Kadang-kadang orang hanya akan pergi ke dokter ketika sudah merasa sakit. Bahkan seringkali mereka menganggap bahwa tekanan darah tinggi bukan masalah besar.

“Banyak apotek menyediakan penggunaan alat tensi tekanan darah gratis yang cukup akurat. Idealnya, orang akan duduk mengecek tekanan darah selama 5 menit untuk memastikan detak jantung dan tekanan darah mereka pada nilai normal. Maka cek tekanan darah rutin secara berkala penting dilakukan,” ungkapnya seperti dilansir dari Tyler Paper, Senin (24/6).

Tantangan lainnya adalah kebiasaan masyarakat merokok dan asupan tinggi garam. Belum lagi angka obesitas yang terus meningkat adalah faktor risiko tekanan darah tinggi.

“Penting bagi pasien untuk mendapat informasi tentang apa yang dapat dilakukan. Sebab risikonya hal ini dapat menyebabkan stroke, gagal jantung, serangan jantung, gagal ginjal, sirkulasi kaki yang buruk, efek samping seksual pada pria dan masalah jangka panjang lainnya,” ungkapnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...