Kabur dari Lapas Makassar, Polres Lutim Tangkap DPO Terpidana Seumur Hidup

Senin, 24 Juni 2019 - 08:14 WIB

FAJAR.CO.ID, MALILI–Pelarian Alwi Rengkong dari Lapas Makassar berakhir. Terpidana kasus pembunuhan berencana asal Dusun Kaya’a, Desa Beringin Jaya, Kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur, berhasil ditangkap aparat Resmob Polres Lutim, di Mangkutana, Senin petang 24 Juni 2019.

Alwi melarikan diri dari Lapas Makassar sejak Selasa dini hari 19 Desember 2017 lalu.

Tak Lazim, Masyarakat Lutim Malas Urus Akta Kematian

Terpidana seumur hidup dalam kasus pembunuhan berencana di Kecamatan Tomoni, Luwu Timur itu dijerat Pasal 340/338 KUHP dengan vonis seumur hidup.

”Terpidana ini ditahan sejak 2015. Dia merupakan kiriman dari Rutan Masamba Luwu Utara. Meski TKP berada di wilayah Luwu Timur,” kata Kasat Reskrim Lutim, AKP Akbar Andi Malloroang.

Biaya Pengawasan Pilkada Lutim Capai Rp13 ,6 Miliar, Lutra Tembus Rp15,8 Miliar

Terpidana selama ini ditempatkan pada Klinik Lapas karena sedang menjalani perawatan akibat sakit TBC yang dideritanya. Dia melarikan diri melalui lubang ventilasi dan manjat melalui tembok Pos V.

Terpidana diketahui melarikan diri pada pagi sekitar pukul 10.00 wita, ketika akan diberikan obat. ”Anggota Resmob Polres Luwu Timur berdasarkan DPO yang diterbitkan oleh Kalapas Makassar, telah nelakukan penangkapan terhadap Alwi. Saat ini Alwi di titip Lolres Luwu Timur,” paparnya. (shd)