Makanan Manis Picu Jerawat?

Senin, 24 Juni 2019 - 10:16 WIB

FAJAR.CO.ID–Salah satu masalah kulit yang umum dan paling sering dikeluhkan adalah jerawat. Kondisi ini biasanya muncul di sekitar wajah, dada atau punggung. Tingkatannya bisa bervariasi, mulai dari yang ringan seperti komedo, hingga tingkatan yang lebih parah seperti bintik-bintik yang berisi kista dan nanah.

Pada umumnya, jerawat disebabkan oleh produksi minyak berlebih pada kulit yang bikin pori-pori tersumbat. Jika kondisi tersebut dibarengi dengan kebersihan yang kurang terjaga dan kondisi hormon yang tidak stabil, risiko munculnya jerawat menjadi lebih tinggi lagi.

Tak hanya itu, makanan manis yang mungkin sering Anda konsumsi sehari-hari juga bisa memicu munculnya jerawat, lo! Ini karena makanan manis atau mengandung banyak gula bisa mengakibatkan sejumlah gejala berikut:

1. Peradangan

Menurut penelitian, makanan yang mengandung gula dapat menyebabkan hilangnya antioksidan yang bertugas menjaga kesehatan kulit. Inilah yang menyebabkan kulit lebih rentan terserang infeksi bakteri, yang juga menyebabkan kulit meradang sehingga muncul jerawat.

2. Menstimulasi hormon androgen

Anda mungkin tidak menyangka bahwa mengonsumsi makanan manis terlalu sering dapat memicu produksi hormon androgen. Ini adalah hormon yang dapat memicu kelenjar minyak untuk bekerja lebih keras. Sebagai akibatnya, produksi minyak akan sangat berlebih. Hal ini yang akhirnya membuat kotoran, debu dan bahan asing lebih mudah menempel dan menyumbat pori-pori kulit.

Selain itu, hormon androgen juga mempercepat produksi sel kulit baru yang menyebabkan penumpukan sel kulit mati pada lapisan kulit terluar. Alhasil. kulit juga akan terlihat kusam.

3. Mendukung pertumbuhan jamur

Dengan mengonsumsi makanan manis atau mengandung banyak gula, risiko kulit Anda untuk dihinggapi jamur atau candida akan meningkat berlipat ganda. Kondisi ini tak hanya memicu munculnya jerawat, tapi juga lenting yang berisi nanah.

Mencegah munculnya jerawat

Supaya kondisi kulit senantiasa sehat dan terhindar dari munculnya jerawat, berikut beberapa hal yang wajib Anda lakukan:

Pola makan sehat

Memulailah untuk menerapkan pola makan yang sehat. Beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi secara rutin agar terhindar dari jerawat dan berbagai masalah kulit lainnya adalah kacang dan ikan laut.

Kacang dan ikan laut kaya akan asam lemak omega-3, yang dapat mengurangi peradangan di sekitar kelenjar minyak. Oleh karena itu, produksi minyak tidak akan berlebih sehingga kemungkinan munculnya jerawat juga bisa diminimalkan.

Hindari stres

Stres terbukti dapat memicu hormon glukokorticoid, yang dapat merusak struktur dan fungsi kulit. Oleh karena itu, dengan menjauhkan diri dari stres, Anda bisa turut mejaga kesehatan kulit dan mencegah munculnya jerawat.

Stres oksidatif bisa dicegah dengan menghindari rokok dan minuman beralkohol. Selain itu, Anda juga perlu beristirahat dengan cukup, olahraga atau melakukan hobi positif.

Jika Anda ingin terhindar dari jerawat, menjaga kesehatan kulit dengan saksama adalah sebuah kewajiban. Caranya, cuci wajah secara sebanyak tiga kali dalam sehari, yaitu pada pagi, siang dan malam. Hal ini penting dilakukan, karena kotoran, keringat, dan kosmetik dari aktivitas seharian yang menempel di wajah akan menumpuk dan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori.

Jika tidak dibersihkan sempurna, bukan tidak mungkin jerawat atau masalah kulit lain akan muncul di kemudian hari.

Kulit yang sehat tak hanya mampu menunjang penampilan, tetapi juga memiliki manfaat positif bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak mengonsumsi makanan manis secara berlebihan agar tidak muncul jerawat atau masalah kulit lainnya. Jangan lupa kombinasikan pola makan rendah gula dengan penerapan gaya hidup sehat. (jpnn)