Preview Cile vs Uruguay: Bigmatch Sarat Dendam

FAJAR.CO.ID, RIO DE JANEIRO—Cile dan Uruguay akan bentrok dalam laga terakhir Grup C Copa America 2019 di Estadio Do Maracana. Status juara bertahan Cile dan Uruguay selaku kolektor gelar terbanyak plus insiden masa lalu menjadikan ini sebagai duel besar.

Uruguay dan pendukung mereka tidak akan pernah bisa melupakan kontroversi Copa America 2015 di Cile. Saat itu, mereka secara disingkirkan Cile di delapan besar dengan skor 0-1 setelah Edinson Cavani dan Jorge Fucile dikartu merah.

Pengusiran Cavani adalah yang paling kontroversial karena ia menerima kartu kuning kedua karena mengibaskan tangan ke wajah pemain belakang Cile Gonzalo Jara yang melakukan pelecehan seksual kepadanya. Saat itu, Jara yang menyentuh bokong Cavani dengan jarinya lolos dari hukuman.

Emosi pemain Uruguay yang dijebol Mauricio Isla di 10 menit terakhir semakin membuncah ketika Fucile juga diusir dari lapangan. Kejadian di menit akhir itu memicu konfrontasi massal yang melibatkan para pemain dan ofisial kedua belah pihak.

Setelah pertandingan itu, Cavani dan Jara sama-sama dihukum dengan larangan dua pertandingan. Sementara pelatih Uruguay, Oscar Tabarez, yang memasuki lapangan selama keributan diskors selama tiga pertandingan karena menghina wasit.

Itu bukan pertama kalinya pemain Uruguay menjadi korban serangan seksual kontroversial yang dilakukan Jara. Pada 2013, ketika kedua negara bertemu di kualifikasi Piala Dunia 2014, Jara menyentuh testis Luis Suarez yang dibalas dengan pukulan oleh bomber Barcelona itu.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir


Comment

Loading...